Tiongkok Desak Pembicaraan AS dan Korut Dilakukan Segera

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 08 Mar 2018 11:45 WIB
tiongkoknuklir korea utararudal korut
Tiongkok Desak Pembicaraan AS dan Korut Dilakukan Segera
Menlu Tiongkok Wang Yi desak Korut dan AS segera bicarakan denuklirisasi. (Foto: AFP).

Beijing: Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mendesak Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) segera memulai pembicaraan denuklirisasi. Dia menekankan 'ketulusan' semua pihak untuk menyelesaikan krisis nuklir akan diuji.

Dengan hati-hati, Wang Yi mengatakan Tiongkok menyambut baik pengumuman Korea Selatan (Korsel) bahwa Pyongyang menawarkan perundingan denuklirisasi dengan AS. Meski pun, ada imbalannya yaitu jaminan keamanan.

"Isu Semenanjung Korea akhirnya mengambil langkah ke arah yang benar," ucap Wang dalam konferensi pers di sela-sela rapat tahunan parlemen.

"Langkah awal ini harus ditindaklanjuti dengan upaya yang sesuai dan terpadu. Kami memanggil para pihak, terutama AS dan Korut untuk melakukan dialog lebih cepat, jangan nanti-nanti," imbuhnya, seperti dilaporkan AFP, Kamis 8 Maret 2018.

Meski demkian, Wang mengeluarkan peringatan. Dia mengatakan terobosan isu nuklir Korut telah runtuh di masa lalu. Dia berharap Pyongyang akan menepati janji mereka tersebut.

"Saat ini, momen paling penting untuk menguji ketulusan para pihak untuk memecahkan masalah nuklir dan menjaga perdamaian dunia," tegasnya.

Sebelumnya, pemimpin Korut Kim Jong-un mengatakan bersedia untuk membahas denuklirisasi dengan AS. Hal ini dia sampaikan kepada ketua delegasi Korsel Chung Eui-yong dalam pertemuan mereka di Pyongyang.

Namun, ada beberapa yang hal yang menjadi syarat Kim untuk pembahasan denuklirisasi. Salah satunya jaminan keamanan bagi dia dan masyarakatnya.


(FJR)