Korut Buka Peluang Kirim Delegasi ke Olimpiade Musim Dingin

Willy Haryono    •    Senin, 01 Jan 2018 12:31 WIB
korea utararudal korut
Korut Buka Peluang Kirim Delegasi ke Olimpiade Musim Dingin
Petugas keamanan bersiaga di arena Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel, 12 Desember 2017. (Foto: AFP/JUNG YEON-JE)

Pyongyang: Korea Utara (Korut) bisa saja mengirimkan delegasi ke Korea Selatan (Korsel) untuk Olimpiade Musim 2018. Pernyataan disampaikan pemimpin Korut Kim Jong-un dalam pidato tahun baru.

Ini merupakan indikasi awal Pyongyang kemungkinan berpartisipasi dalam olimpiade yang digelar bulan depan. 

"Kami bersedia mengambil langkah-langkah yang diperlukan, termasuk mengirim delegasi untuk Turnamen Pyeongchang, dimana Seoul dan penyelenggara menyebutnya sebagai Olimpiade damai," ungkap Kim, seperti dikutip AFP, Senin 1 Januari 2018. 

Olimpiade Musim Dingin akan digelar di Pyeongchang, Korsel, dari tanggal 9 hingga 25 Februari. Sementara Paralimpik dijadwalkan digelar pada 9 Maret. 

Panitia acara dan Seoul menginginkan Korut ikut serta dalam olimpiade. Namun partisipasi Korut dalam ajang olahraga di Korsel selama ini tergantung dari situasi politik dan militer di Semenanjung Korea. 

Arena Olimpiade Musim Dingin hanya terletak 80 kilometer dari DMZ yang memisahkan Korut serta Korsel. Olimpiade digelar di tengah ketegangan atas program misil dan nuklir Korut. 

Kim menyampaikan harapannya dalam Olimpiade Musim Dingin. "Saya berharap olimpiade dapat menjadi kesempatan bagus untuk menunjukkan kasih saya masyarakat kita kepada dunia, dan kami secara tulis berharap ajang olahraga ini dapat berlangsung sukses," ungkap Kim.

Masih dari pesan tahun baru, Kim memerintahkan jajaran pemerintahannya untuk memproduksi massal hulu ledak nuklir dan misil balistik. Dia mengaku tombol peluncur nuklir selalu terpasang di mejanya.


(WIL)