Korut Tak Tanggapi Tawaran Korsel untuk Berunding

Sonya Michaella    •    Jumat, 21 Jul 2017 10:05 WIB
korsel-korutnuklir korea utara
Korut Tak Tanggapi Tawaran Korsel untuk Berunding
Misil balistik yang diluncurkan Korut. (Foto: KBS)

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Utara (Korut) sama sekali tak menanggapi tawaran Korea Selatan (Korsel) untuk berunding di Zona Demiliterisasi, yang sedianya akan digelar hari ini di Panmunjom.

Perundingan ini bertujuan untuk mengakhiri "tindakan bermusuhan" di antara kedua negara, dan mengurangi ketegangan militer.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Moon Sang-gyun mengatakan, perundingan dengan Korut kemungkinan batal, karena Korut tak menanggapi atau menjawab tawaran Korsel.

"Ini adalah dialog yang penting untuk perdamaian dan stabilitas Semenanjung Korea untuk mengurangi ketegangan antara Selatan dan Utara," kata Moon, seperti dikutip Reuters, Jumat 21 Juli 2017.

Moon menambahkan bahwa usulan perundingan masih berlaku dan ia mendesak Pyongyang untuk segera memberikan jawaban.

Tawaran ini adalah tindakan formal perdana sejak Seoul dipimpin oleh Presiden Moon Jae-in yang menegaskan mengutamakan dialog dengan Korut, terutama untuk meminta Korut menghentikan program nuklirnya.

Aktivitas program misil balistik Korut pun disinyalir akan semakin meningkat, mengingat peluncuran terakhir misil balistik Korut diklaimnya sebagai misil antarbenua.

Peluncuran misil itu disaksikan langsung oleh Kim Jong-un dan diluncurkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan AS. Tak hanya itu, Korut pun mengadakan konser musik yang juga dihadiri Kim untuk memperingati keberhasilan peluncuran misil antarbenua.





(FJR)