Pakistan Pilih Perdana Menteri Baru

Sonya Michaella    •    Rabu, 02 Aug 2017 10:02 WIB
pakistan
Pakistan Pilih Perdana Menteri Baru
Perdana Menteri Pakistan yang baru, Shahid Khaqan Abbasi (Foto: NDTV)

Metrotvnews.com, Islamabad: Mantan Menteri Energi Pakistan, Shahid Khaqan Abbasi terpilih menjadi perdana menteri yang baru, menggantikan Nawaz Sharif.

Abbasi merupakan sosok politisi yang cukup dekat dengan Sharif dan termasuk seorang yang mendominasi pemerintahan lewat partai Pakistan Muslim League (PML-N).

Meskipun oposisi menentang partai Sharif berkuasa lagi, ternyata tetap orang terdekat Sharif yang akan memimpin Pakistan ke depan. Disinyalir, program-program Sharif pun akan dilanjutkan Abbasi.

Dikutip dari Al Jazeera, Rabu 2 Agustus 2017, juru bicara Istana PM, Ayaz Sadiq mengatakan, penetapan Abbasi menjadi PM didasari atas pertimbangan kestabilan pemerintah.

Sebelumnya, Sharif digulingkan dari jabatannya oleh Mahkamah Agung atas tuduhan korupsi. Namun, sampai ia digulingkan, ia tetap menyangkal tuduhan tersebut.

Kantor Perdana Menteri Pakistan menyebutkan bahwa Sharif memutuskan mundur, meskipun menunjukkan keberatan atas proses hukum ini.

Abbasi mendapatkan 221 suara dari total 342 kursi di Majelis Nasional, yang memang dikuasai partai PML-N. Bahkan, anggota parlemen dari partainya sudah menyalami Abbasi, sebelum kemenangan diumumkan.

Walaupun tidak lagi memegang kendali atas Pakistan, Sharif disebut akan tetap mengendalikan pemerintahan melalui Abbasi.





(FJR)