Pemimpin ASEAN Bertemu untuk Bahas Keamanan Kawasan

Fajar Nugraha    •    Rabu, 07 Sep 2016 09:43 WIB
ktt asean
Pemimpin ASEAN Bertemu untuk Bahas Keamanan Kawasan
Presiden Joko Widodo dan Menlu Retno Marsudi di KTT ASEAN Laos (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Vientiane: Agenda KTT ASEAN berlanjut pada Rabu 7 September hari ini. Presiden Joko Widodo pun dijadwalkan untuk mengikuti sejumlah pertemuan.
 
Presiden akan mengikuti beberapa pertemuan dengan beberapa negara di sekitar kawasan dalam rangkaian kunjungan kerja hari ketiga di National Convention Center (NCC), Vientiane, Laos.
 
Negara-negara yang dijadwalkan akan bertemu dengan ASEAN diantaranya Tiongkok, Jepang, Korea Selatan (Korsel) dan Australia.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa isu yang dibahas dalam KTT itu umumnya mengenai isu stabilitas kawasan. Kembali Menlu Retno menyampaikan bahwa stabilitas di Asia Tenggara ini merupakan kebanggaan dari ASEAN. 
Namun, lanjut Menlu mengutip pernyataan Presiden Jokowi, akhir-akhir ini terdapat dinamika yang perlu mendapatkan perhatian kita.
 
"Yang pertama, situasi di Laut China Selatan. Kemudian, yang kedua adalah situasi di Semenanjung Korea. Dan yang ketiga, adalah situasi perairan di sekitar Sulu," jelas Menlu Retno, seperti dikutip dari situs Setkab, Rabu (7/9/2016).
 
Setelah makan siang, Presiden Jokowi bersama kepala negara ASEAN berencana mengikuti rangkaian acara KTT ASEAN Plus Three (ASEAN+3) dan juga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Dalam pertemuan KTT ASEAN kali ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Menko Polhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, dan Mendag Enggartiasto Lukito.
 
ASEAN bersatu perkuat respons hadapi bencana
 
Pada Selasa 6 September, Presiden Jokowi sebelumnya menandatangani kesepakatan ASEAN dalam menghadapi bencana alam. Pada pengesahan ASEAN Declaration on One ASEAN, One Response: ASEAN Responding to Disaster as One in the Region and Outside Region tersebut, menjadi penanda komitmen para kepala negara dan pemerintahan di ASEAN dalam menangani bencana.
 
Para kepala negara dan pemerintahan ASEAN yang hadir, menandatangani kesepakatan bersama yang kemudian diserahkan kepada tuan rumah Laos. Seusai acara penandatanganan, para kepala negara dan pemerintahan di ASEAN menuju ruang pertemuan untuk melanjutkan agenda dengan bertemu perwakilan ASEAN Inter Parliament Assembly (AIPA).


Presiden  Joko Widodo tandatangani deklarasi One ASEAN One Response (Foto: ANTARA).
 
 
Selanjutnya, Presiden Jokowi dan kepala negara di ASEAN lainnya melanjutkan agenda pertemuan dengan perwakilan pemuda dan ASEAN Business Advisory Council (ABAC).
 
Agenda Presiden Jokowi hari ini diakhir dengan makan malam kenegaraan atau welcoming dinner yang akan dilaksanakan di Istana Don Chan, Vientiane, Laos.

(FJR)