Tanamkan Nilai Toleransi Anak-Anak Bangsa Lewat Sabang Merauke

Sonya Michaella    •    Sabtu, 08 Oct 2016 16:44 WIB
filantropi
Tanamkan Nilai Toleransi Anak-Anak Bangsa Lewat Sabang Merauke
Sabang Merauke, program aksi kemanusiaan berfokus pada toleransi (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Toleransi dan pendidikan berkualitas, dua hal ini yang diharapkan ada pada anak-anak bangsa Indonesia.
 
Sabang Merauke, sebuah program aksi kemanusiaan yang berfokus pada nilai utama yaitu toleransi berharap bahwa anak-anak bangsa Indonesia semakin memperkuat rasa toleransinya terhadap sesama.
 
"Pendidikan juga sangat penting, namun alangkah lebih baik jika diimbangi dengan rasa toleransi juga ke-Indonesia-an yang tinggi pula," ujar Movement Director dari Sabang Merauke, Laura Fyandhani kepada Metrotvnews.com di Jakarta Convention Center, Sabtu (8/10/2016).
 
Sabang Merauke yang mempunyai kepanjangan Seribu Anak Bangsa Merantau untuk Kembali ini merangkul anak-anak dari sabang sampai merauke untuk melihat nilai toleransi di Indonesia.
 
"Program kami adalah pertukaran pelajar antar daerah dan pulau. Umumnya, setara Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun kita juga tidak membatasi usianya, karena ada juga yang berusia 16 tahun, tapi dia masih duduk di bangku SMP," lanjutnya.


Fokus program dari Sabang Merauke (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

 
Sabang Merauke juga bekerja sama dengan komunitas-komunitas lain untuk merangkul anak-anak bangsa dari sabang sampai merauke untuk mengenalkan nilai toleransi.
 
Tahun ini, Sabang Merauke berhasil merangkul sebanyak 15 anak dari penjuru daerah untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar yang tak hanya berfokus pada pendidikan formal.
 
"Anak dari Aceh dan Papua pasti ada. Agustus kemarin, ada yang dari Fak-Fak, Banggai, Aceh dan Pulau Sangihe," ucap Laura.
 
Ia menuturkan kegiatan belajar toleransi yang Sabang Merauke lakukan adalah dengan membawa anak-anak tersebut ke tempat-tempat ibadah di Jakarta, seperti Masjid Istiqlal, Gereja Katedral dan vihara serta pura.
 
"Kami juga mempertemukan mereka dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Agustus kemarin," sebutnya.
 
Sabang Merauke berharap dengan adanya Festival Filantropi Indonesia ini, makin banyak anak muda yang tergerak untuk membantu dan menjadi sukarelawan untuk anak-anak Indonesia.
 
"Anak-anak itu kan tinggalnya di daerah homogen, kebanyakan dari mereka tidak pernah melihat dunia luar dan tidak pernah bertemu orang lain yang berbeda," pungkasnya.
 
Dengan merangkul banyak anak-anak dari Aceh hingga Papua, Sabang Merauke optimis bahwa dapat menanamkan nilai toleransi dan nasionalisme yang kuat di dalam diri anak-anak Indonesia.

(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA