Sejumlah Rohingya Pulang secara Sukarela ke Myanmar

Willy Haryono    •    Senin, 28 May 2018 16:02 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Sejumlah Rohingya Pulang secara Sukarela ke Myanmar
Pengungsi Rohingya membuat kanal menjelang musim hujan di kamp pengungsian Ukhia, Bangladesh, 8 Mei 2018. (Foto: AFP/MUNIR UZ ZAMAN)

Naypyidaw: Sejumlah pengungsi Muslim Rohingya yang melarikan ke Bangladesh sejak tahun lalu dikabarkan telah pulang ke Myanmar secara sukarela. Mereka semua akan dikirim ke sebuah pusat transit untuk dimukimkan kemudian di lain waktu.

Menurut pernyataan kantor pemimpin de facto Aung San Suu Kyi, Senin 28 Mei 2018, total 58 Rohingya telah menyeberang kembali ke Myanmar setelah mereka mengaku "tidak dapat lagi bertahan" di kamp pengungsian Bangladesh.

Karena tidak mengikuti prosedur repatriasi resmi, mereka semua ditahan sembari menanti keputusan dimukimkan ulang di Myanmar. 

"Untuk sementara mereka akan ditempatkan di kamp transit," ujar pemerintah Myanmar, seperti dikutip dari AFP.

Juru bicara Suu Kyi, Zaw Htay, mengatakan bahwa 58 orang itu kembali ke Myanmar dalam beberapa fase sejak empat bulan terakhir.

Sekitar 750.000 Rohingya melakukan eksodus dalam dua operasi militer besar Myanmar pada Oktober 2016 dan Agustus 2017.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut operasi militer Myanmar di Rakhine pada Agustus lalu sebagai "pembersihan etnis." Myanmar membantahnya, dan mengaku hanya memburu militan Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA).

Bangladesh dan Myanmar telah berjanji akan memulai repatriasi pada Januari tahun ini. Namun rencana terus ditunda karena kedua kubu saling menyalahkan mengenai kurangnya persiapan teknis.


(WIL)