Masjid Malaysia Larang Wisatawan Setelah Tarian Provokatif

Arpan Rahman    •    Selasa, 26 Jun 2018 17:11 WIB
masjidmalaysia
Masjid Malaysia Larang Wisatawan Setelah Tarian Provokatif
Masjid Kinabalu terkenal dengan warisan arsitektur yang menarik (Foto: BBC).

Kinabalu: Sebuah masjid di Malaysia melarang wisatawan berkunjung menyusul video dua wanita menari di depan rumah ibadah itu tersebar secara online.
 
Kedua wanita, yang mengenakan celana pendek dengan perut telanjang, difilmkan menari di di depan dinding Masjid Kota Kinabalu di pulau Kalimantan.
 
Pihak berwenang mencoba untuk mengidentifikasi keduanya, yang sudah digambarkan sebagai orang asing dari penampilan Asia Timur.
 
Rekaman tarian itu telah dilihat sekitar 270.000 kali di Facebook.
 
"Video itu menunjukkan kurangnya rasa hormat kepada para jemaah Muslim kami serta keramahtamahan yang berlebihan bagi para pengunjung," kata seorang pejabat dari Kementerian Pariwisata Negara Bagian Sabah, seperti dilansir BBC, Selasa 26 Juni 2018.
 
Pada Minggu 24 Juli, ketua masjid mengatakan transportasi umum tidak akan diizinkan untuk membawa turis ke kompleks masjid, tetapi menambahkan bahwa akan digelar diskusi lebih lanjut dengan agen tur untuk mencegah insiden serupa.
 
Pengunjung asing ke masjid di Malaysia disarankan untuk berpakaian sopan.
 
Ini bukan kali pertama turis asing menghadapi masalah karena menyinggung kepekaan publik di negara bagian Sabah.
 
Pada 2015, seorang pejabat Malaysia menyalahkan sekelompok wisatawan yang telanjang di atas gunung suci untuk gempa bumi yang menewaskan 16 orang.


(FJR)