Sebelas Gerbong Kereta Terbalik di India, Tujuh Tewas

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Feb 2019 13:13 WIB
indiakecelakaan kereta
Sebelas Gerbong Kereta Terbalik di India, Tujuh Tewas
Ilustrasi kecelakaan kereta api. (Foto: Medcom.id)

Bihar: Sekitar sebelas gerbong dari sebuah kereta api di distrik Vaishali, negara bagian Bihar, India, Minggu 3 Februari 2019, terguling keluar perlintasan. Insiden ini menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai puluhan lainnya.

Otoritas Bihar khawatir jumlah korban tewas dapat terus bertambah karena masih banyak orang terperangkap di beberapa gerbong.

Kantor berita ANI melaporkan bahwa manajer perusahaan East Central Railway (ECR) LC Trivedi mengonfirmasi tujuh penumpang tewas dalam tragedi kereta Seemachal Express. Kereta menuju New Delhi itu terguling sekitar pukul 03.00 - 04.00 pagi waktu setempat di dekat stasiun Shadai Buzurg di Vaishali.

Juru bicara ECR Rajesh Kumar mengatakan satu gerbong umum, satu dengan pendingin udara, tiga dengan tempat tidur, dan empat lainnya telah terguling. Kereta dengan nomor 12487 itu melaju dalam kecepatan penuh saat terguling.

"Identitas para korban belum dapat dikonfirmasi. Operasi penyelamatan masih berlangsung, dan kereta penolong telah dikirim ke lokasi kejadian," ujar Kumar.

Warga setempat adalah yang pertama merespons ke tempat kejadian. Media lokal memperlihatkan sejumlah warga berusaha menolong para korban yang terperangkap di balik gerbong, sebelum akhirnya petugas datang dan menggelar operasi penyelamatan besar-besaran.

Polisi bernama Manavjit Singh Dhillo mengatakan sejauh ini jumlah korban luka mencapai 24 orang. Mereka semua telah dilarikan ke sebuah rumah sakit dekat lokasi kejadian.

Kantor Menteri Kereta Api Piyush Goyal telah mengumumkan akan adanya uang kompensasi bagi keluarga korban tewas dan juga luka.


(WIL)