Jepang Kecam Kemunculan Kapal Bersenjata Korut di ZEE Tokyo

Willy Haryono    •    Kamis, 13 Jul 2017 20:07 WIB
korea utara
Jepang Kecam Kemunculan Kapal Bersenjata Korut di ZEE Tokyo
Para pelaut berdiri di atas kapal Izumo di Yokohama, Jepang. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Tokyo: Jepang mengecam Korea Utara setelah petugas patroli melihat kapal Pyongyang yang diyakini melakukan penangkapan ikan ilegal, Kamis 13 Juli 2017. 

Dalam sebuah konferensi pers di Tokyo, Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan sejumlah kru Korut mengarahkan senjata api ke kapal Jepang. Kubu Negeri Sakura pun terpaksa menarik diri dari wilayah tersebut. 

Insiden terjadi pada Jumat lalu, sekitar 500 kilometer (310 mil) di sebelah barat pantai utara Jepang yang diklaim Tokyo sebagai Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Suga mengatakan Jepang memastikan kapal tersebut berasal dari Korea Utara lewat proses observasi visual dan detail lainnya. Kapal Jepang dengan cepat meninggalkan area atas alasan keamanan. 

Ia menolak membicarakan tentang aktivitas kapal Korut di perairan tersebut, dan hanya menyebutnya tengah melakukan operasi ilegal. Kantor berita Kyodo News melansir bahwa kapal tersebut diduga menangkap ikan secara ilegal.

Area tersebut diketahui dipenuhi banyak ikan, dan selama ini otoritas Jepang terus memantaunya untuk mengantisipasi operasi ilegal.

Jepang memprotes insiden terbaru ini melalui Duta Besar Korut di Beijing. (Ratu Tiara Sari)



(WIL)