Topan Malakas Hantam Selatan Jepang

Willy Haryono    •    Selasa, 20 Sep 2016 12:10 WIB
topan badai
Topan Malakas Hantam Selatan Jepang
Mobil melaju di jalanan tergenang banjir yang merupakan imbas dari Topan Malakas di Tokushima, Jepang, 20 September 2016. (Foto: AFP/JIJI PRESS)

Metrotvnews.com, Kyushu: Sebuah topan kuat menghantam selatan Jepang pada Selasa (20/9/2016), dengan membawa angin kencang dan hujan deras yang menyebabkan beberapa titik tergenang. 

Menurut laporan Agensi Meteorologi Jepang, seperti dikutip AFP, Topan Malakas tiba di pulau utama Kyushu dini hari tadi, dengan kecepatan putaran angin mencapai 180 kilometer per jam. 

Tayangan dari saluran televisi NHK memperlihatkan sejumlah rumah, mobil dan lahan pertanian yang tertutup air bercampur lumpur di prefektur Miyazaki. Dalam 24 jam terakhir, hujan deras terus mengguyur wilayah tersebut.

Seorang wanita berusia 30-an terluka saat angin merusak kaca jendela rumahnya. Enam orang juga harus diselamatkan saat rumah mereka terendam banjir. Meski begitu, tidak dilaporkan adanya korban tewas ataupun luka serius. 

Sebanyak 106 penerbangan di Jepang dibatalkan akibat Topan Malakas. Otoritas Jepang mengingatkan angin ribut ini berpotensi memicu gelombang tinggi di pesisir, tanah longsor dan banjir. 

Sedikitnya 17 orang tewas akibat Topan Lionrock yang menghantam Jepang bulan ini. Sebelum Lionrock, dua topan menewaskan sedikitnya dua orang di timur laut Jepang. 

Pada 2013, sebuah topan kuat yang memicu tanah longsor masif di pulau Oshima menewaskan 40 orang. Dua tahun sebelumnya, 82 orang tewas akibat sebuah topan kuat yang menghantam Negeri Sakura.


(WIL)