Afghanistan Umumkan Gencatan Senjata dengan Taliban saat Idul Fitri

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 07 Jun 2018 15:42 WIB
taliban afghanistan
Afghanistan Umumkan Gencatan Senjata dengan Taliban saat Idul Fitri
Tentara Afghanistan. (Foto: AFP).

Kabul: Afghanistan mengumumkan gencatan senjata selama sepekan dengan Taliban saat Idul Fitri. Namun, gencatan senjata tidak akan berlaku dengan kelompok lain, termasuk Islamic State (ISIS).

"Gencatan senjata akan berlangsung dari Ramadan hari ke-27 hingga hari kelima Idul Fitri," ucap Presiden Ashraf Ghani lewat akun Twitter, seperti dilansir AFP, Kamis 7 Juni 2018.

Meski demikian, pihak Taliban belum dapat dikonfirmasi mengenai hal ini. Jika benar terjadi, hal ini gencatan senjata pertama saat Idul Fitri sejak invasi Amerika Serikat (AS) pada 2001.

"Kami tengah memeriksa hal ini dengan pejabat kami mengenai pengumuman gencatan senjata," ucap juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid.

Langkah mengejutkan ini diumumkan beberapa hari usai pertemuan ulama Afghanistan di ibu kota Kabul. Para ulama menyerukan gencatan senjata dan fatwa terhadap pemboman dan serangan bunuh diri.

Sejam usai fatwa dikeluarkan, aksi bom bunuh diri terjadi di luar gedung pertemuan. Akibatnya, tujuh orang tewas.

Sementara itu, Ghani mengatakan pemerintah mendukung fatwa tersebut dikeluarkan. Mereka juga setuju dengan gencatan senjata yang diserukan para ulama.

"Pemerintah Afghanistan mengarahkan semua pasukan keamanan dan pertahanan negara untuk menghentikan serangan terhadap Taliban. Namun, operasi melawan ISIS, AL-Qaeda dan jaringan teroris internasional lainnya tetap beroperasi," pungkas Ghani.


(WAH)