2.000 Rakyat Korsel Kembali Demo Tuntut Presiden Mundur

Sonya Michaella    •    Sabtu, 26 Nov 2016 08:32 WIB
korea selatan
2.000 Rakyat Korsel Kembali Demo Tuntut Presiden Mundur
Demo yang terjadi di Korsel, pekan lalu (Foto: AP)

Metrotvnews.com, Seoul: Rakyat Korea Selatan (Korsel) diperkirakan akan kembali turun ke jalan untuk menuntut Presiden Korsel, Park Geun-hye melepaskan jabatannya.

Panitia dari unjuk rasa juga telah mengatakan bahwa sekitar dua juta orang akan ikut aksi unjuk rasa ini yang akan diselenggarakan di ibu kota dan kota-kota lain di Korsel.

Dilansir Channel News Asia, Sabtu (26/11/2016), unjuk rasa ini akan menjadi unjuk rasa kelima dalam usaha melengserkan Presiden Park.

Park diduga terlibat skandal korupsi yang juga melibatkan rekannya, Choi Soon-Sil, yang didakwa melakukan penyalahgunaan kekuasaan.

Atas kasus itu, warga Korea marah. Mereka mengatakan, Park merupakan Presiden Korea terakhir yang terseret dalam skandal yang melibatkan keluarga ataupun kerabat. Park dinilai telah mengkhianati publik dan tidak mampu mengelola pemerintahan.

Panitia unjuk rasa berencana akan membentuk rantai manusia di sekitar Blue House dengan mengajak orang bergandengan. Sekitar 1.000 petani, beserta traktor mereka, juga berencana ikut unjuk rasa.

Jika Park tak segera mengundurkan diri, diungkapkan bahwa warga Korsel akan mengambil tindakan lebih lanjut. Dikatakan, mahasiswa akan membolos, dan Konfederasi Buruh Korea Selatan akan mengambil bagian dalam serangan parsial pada 30 November mendatang.

Sejauh ini, Park enggan mengundurkan diri. Walaupun dirinya sudah meminta maaf kepada rakyat Korea, namun sepertinya rakyat tetap mengingingkan dirinya mundur dari jabatan sekarang.

 


(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA