Kecelakaan Bus Tingkat di Hong Kong Tewaskan 19 Orang

Willy Haryono    •    Minggu, 11 Feb 2018 12:24 WIB
kecelakaan bushong kong
Kecelakaan Bus Tingkat di Hong Kong Tewaskan 19 Orang
Petugas mencari korban kecelakaan bus dua tingkat di Hong Kong, 10 Februari 2018. (Foto: AFP/ISAAC LAWRENCE)

Hong Kong: Kecelakaan sebuah bus dua tingkat di Hong Kong, Sabtu 10 Februari 2018 malam, menewaskan 19 orang serta melukai hampir 50 lainnya. Bus berisi penonton dan pekerja dari sebuah pertandingan balap kuda itu terguling di New Territories Area.

Sejumlah penumpang berhasil keluar dari bus double decker melalui jendela. Namun beberapa lainnya harus dievakuasi petugas pemadam kebakaran.

Laporan awal media setempat mengindikasikan bus melaju terlalu kencang. Polisi telah menahan sopir bus dan menjeratnya dengan pasal mengemudi ugal-ugalan yang berujung kematian seseorang. 

"Sopir sudah kami tahan dan kepolisian New Territories North akan menangani kasus ini," ujar juru bicara kepolisian Hong Kong Lee Chi Wai, seperti dikutip BBC

Transportasi publik di Hong Kong relatif aman, dan kecelakaan fatal dalam skala sebesar ini jarang terjadi. 

Perwakilan perusahaan pemilik bus mengatakan sopir yang ditahan polisi memiliki catatan baik dan mengenal rute perjalanan dengan baik. 

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengaku "sangat sedih" usai mengunjungi satu dari 12 rumah sakit yang menangani korban luka. Ia mengatakan kepada awak media bahwa investigasi independen mengenai kasus ini akan dijalankan.

Tiga perempuan dan 15 pria dikonfirmasi meninggal dunia di lokasi kejadian. Sementara 10 korban luka berada dalam kondisi kritis. 

Kecelakaan ini merupakan yang terburuk di Hong Kong sejak Juli 2003, saat sebuah bus dua tingkat jatuh dari jalan layang usai ditabrak truk. Kecelakaan tersebut menewaskan 21 orang, dan sopir truk dipenjara selama tujuh bulan.


(WIL)