Gempa 7,2 SR Guncang Perbatasan Irak-Iran

Whisnu Mardiansyah    •    Senin, 13 Nov 2017 03:10 WIB
gempa bumi
Gempa 7,2 SR Guncang Perbatasan Irak-Iran
Kondisi salah satu toko usai gempa 7,2 SR yang mengguncang Irak dan Iran. sumber: Twitter.

Irak: Gempa berkekuatan 7,2 skala richter mengguncang wilayah semi-otonom Kurdi di wilayah Irak bagian utara yang berbatasan langsung dengan Iran. Getaran gempa terasa hingga wilayah negara Qatar.

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyampaikan gempa terjadi sekitar pukul 21.18 Minggu waktu setempat. Pusat gempa berada di kedalaman 33,9 km atau 350 km dari pusat Ibu Kota Baghdad.

Seperti dilansir Al-Jazeera, pusat gempa terasa di wilayah Halabjah tenggara Kota Sulaymaniyah. Sulaymaniyah, merupakan sebuah kota di Irak Utara yang dikelola Pemerintah Daerah Kurdistan.

Gambar dan cuplikan yang diunggah ke media sosial menunjukan oarang-orang berlarian menyelamatkan diri di jalanan Sulaymaniyah. Sementara interior bangunan pun turut bergetar.

Media di Irak melaporkan bahwa gempa tersebut turut dirasakan di beberapa kota dan setidaknya telah menghancurkan delapan desa. Sementara ribuan orang berlarian ketakutan.

Salah satu stasiun TV di Irak melaporkan aliran listrik telah diputus dan tim penyelamat telah dikirim ke daerah pusat gempa. Seorang pejabat dari Departemen Meteorologi Irak mengatakan, gempa tersebut hampir dirasakan ke seluruh provinsi di Irak.

Wakil Perdana Menteri Kurdistan Qubad Talabani berbela sungkawa atas musibah ini. Dia mengatakan gempa sesungguhnya telah terjadi setelah wilayah Kurdistan diguncang krisis ekonomi, kemanusiaan, dan poltik, yang terus menyerang wilayah Kurdistan Irak. 



(DRI)