Ikuti Jejak AS, Selandia Baru Tambah Pasukan di Afghanistan

Sonya Michaella    •    Jumat, 25 Aug 2017 09:26 WIB
afghanistanselandia baru
Ikuti Jejak AS, Selandia Baru Tambah Pasukan di Afghanistan
Pasukan AS di Afghanistan. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Wellington: Beberapa hari setelah Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan meningkatkan jumlah pasukannya di Afghanistan, ternyata Selandia Baru juga melakukan hal yang sama.

Selandia Baru mengumumkan akan menambahkan sekitar tiga personil militer non-tempur di Afghanistan, sehingga pasukannya saat ini menjadi 13 orang.

"Selandia Baru akan terus berdiri di samping mitra kami dalam mendukung stabilitas di Afghanistan dan melawan ancaman terorisme internasional," kata Menteri Pertahanan Selandia Baru, Mark Mitchell.

Dikutip dari Guardian, Jumat 25 Agustus 2017, pengumuman ini seturut mengikuti permintaan agar NATO mengirim lebih banyak tentara ke Afghanistan tahun ini.

Selandia Baru sendiri telah memiliki pasukan di Afghanistan sejak 2001 silam. Namun, kehadiran pasukannya menurun sejak 2013, dan hal tersebut membuat beberapa personil di lapangan melatih petugas setempat.

Perdana Menteri Selandia Baru, Bill English juga telah memutuskan bahwa pemerintah sudah menyetujui pengiriman pasukan ke Afghanistan.

Di samping itu, pemimpin oposisi Jacinda Ardern mengatakan bahwa Selandia Baru tidak akan mengirim pasukan ke Afghanistan, mengingat kondisi dan situasi Kabul yang semakin parah.

Sementara itu, AS meluncurkan strateginya untuk mengakhiri konflik di Afghanistan dengan mengirim lebih banyak tentara ke Kabul. Presiden AS Donald Trump pun sudah menyetujui untuk mengirim sekitar 4.000 tentara lagi ke Afghanistan.

 


(FJR)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

6 hours Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA