Jepang dan Tiongkok Tidak Deteksi Radiasi dari Tes Nuklir Korut

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 04 Sep 2017 14:39 WIB
rudal korut
Jepang dan Tiongkok Tidak Deteksi Radiasi dari Tes Nuklir Korut
Jembatan Persahabatan yang menghubungkan kota Sinuiju, Korea Utara dan Dandong, Tiongkok. (Foto: AFP/GREG BAKER)

Metrotvnews.com, Tokyo: Jepang dan Tiongkok melaporkan hingga saat ini tidak ada radiasi yang terdeteksi dari uji coba nuklir Korea Utara (Korut) di wilayah mereka. 

Selain Korea Selatan, keduanya merupakan negara paling rentan terkena radiasi nuklir dari Korut.

Juru bicara Pemerintah Jepang Yoshihide Suga menuturkan tidak ada radiasi yang terdeteksi di Negeri Sakura. 

"Kita sudah lakukan uji coba pada contoh udara yang diambil Angkatan Udara, dan laporan dari pos pemantauan di seluruh negeri, tidak ada laporan mengenai radiasi nuklir yang mencemari wilayah Jepang," katanya kepada awak media, seperti dilansir laman AFP, Senin 4 September 2017.

Hal senada diungkapkan Kementerian Lingkungan Hidup Tiongkok. Dalam pernyataan tertulisnya disebutkan, tingkat radiasi di dekat perbatasan Korea terbilang normal.

"Hasil pemantauan memperjelas bahwa uji coba nuklir Korea Utara hingga saat ini tidak menghasilkan dampak terhadap lingkungan atau masyarakat," ujar kementerian itu lewat situs resminya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera menyebutkan bahwa Tokyo telah mengerahkan pesawat 'pengendus' yang mampu mendeteksi partikel radioaktif.

Ketakutan kebocoran radioaktif dari peluncuran bom hidrogen Korut sangat besar. Monitor Tiongkok sempat mendeteksi adanya dua getaran kuat yang dipicu ledakan tersebut.

Ledakan yang dihasilkan jauh lebih besar dari tes sebelumnya, dan dirasakan penduduk di kota-kota di Tiongkok yang berjarak ratusan kilometer dari perbatasan utara.




(WIL)