Raja Carl XVI Gustaf Akan Temui Pelajar RI Alumni Swedia

Sonya Michaella    •    Kamis, 18 May 2017 17:45 WIB
indonesia-swedia
Raja Carl XVI Gustaf Akan Temui Pelajar RI Alumni Swedia
Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Johanna Brismar Skoog (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menguatkan hubungan lintas budaya dan politik menjadi salah satu alasan kunjungan kenegaraan pertama Raja Swedia, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia ke Indonesia, 22-24 Mei, pekan depan.
 
"Raja dan Ratu Swedia akan menghadiri sejumlah acara di Indonesia yang berkaitan dengan pendidikan serta budaya. Misalnya, pelajar Indonesia yang bersekolah di Swedia atau pelajar Swedia yang bersekolah di Indonesia," kata Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Johanna Brismar Skoog dalam konferensi persnya di kediamannya, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.
 
Di bidang ekonomi, Swedia juga akan memperkuat hubungan ekonomi, investasi dan perdagangan dengan Indonesia dengan diadakannya Forum Bisnis Indonesia-Swedia.
 
"Forum ini berfokus pada infrasturktur, dunia digital, kualitas hidup dan juga Raja serta Ratu akan mengunjungi Pelabuhan Tanjung Priok untuk melihat proses lalu lintas kapal," lanjut dia.
 
Raja Gustaf dan Ratu Swedia akan tiba di Indonesia pada 21 Mei, malam hari waktu Indonesia. Keesokan harinya, Raja Gustaf dan Ratu Silvia akan diterima di Istana Bogor oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi.
 
"Rombongan Raja Gustaf juga membawa serta Menteri Infrastruktur kami, Anna Johansson dan juga membawa delegasi bisnis," tegas Dubes Skoog.
 
Di sela-sela paparannya, Dubes Skoog juga sempat membicarakan soal produk karamel yang dilapisi coklat asli Swedia yang terkenal enak, yaitu Daim.
 
"Selain mempunyai sejumlah perusahaan yang cukup terkenal dan banyak peminatnya di Indonesia, seperti IKEA dan H&M, kami juga memproduksi karamel berlapis coklat bernama Daim," tutur dia.
 
Kunjungan Raja Gustaf ke Indonesia bukanlah yang pertama kalinya. Namun, saat kunjungannya yang pertama, ia datang sebagai Ketua Pandu Dunia pada 2012 silam.



(FJR)