Jepang Kembali Diguncang Gempa 5,6 SR

Sonya Michaella    •    Kamis, 24 Nov 2016 07:57 WIB
gempa bumijepang
Jepang Kembali Diguncang Gempa 5,6 SR
Prefektur Fukushima kembali diguncang gempa (Foto: Google Maps)

Metrotvnews.com, Tokyo: Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter (SR) kembali mengguncang Jepang, dua hari setelah gempa 7,4 SR menerjang. Kali ini, gempa dirasakan di timur laut Jepang pada Kamis 24 November pagi, waktu setempat.

Dilaporkan, gempa ini tak menimbulkan tsunami. Laporan kerusakan pun tak diterima. Gempa ini tepatnya melanda prefektur Fukushima, 210 kilometer timur laut dari ibu kota Tokyo.

Dilansir AFP, Kamis (24/11/2016), gempa juga tak menimbulkan masalah baru di fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima.

Dua hari lalu, Jepang baru saja dilanda gempa 7,4 SR. Akibatnya, kurang lebih 10 orang dilaporkan terluka akibat tertimpa pohon tumbang atau lemari di dalam rumah.

Gelombang pertama tsunami mulai tiba di pesisir Prefektur Fukushima. Tsunami dipicu oleh gempa berkekuatan 7,4 SR.

Jepang memang kerapkali dilanda gempa. Pasalnya, Jepang yang terletak di persimpangan empat lempeng tektonik membuat warganya terlihat sudah terbiasa dengan guncangan gempa.

Pada Maret 2011, gempa cukup kuat melanda Jepang dan mengirimkan tsunami ke pantai timur laut. Akibatnya sekitar 18.000 orang tewas dan ribuan lainnya hilang.

Pada April 2016, dua gempa kuat melanda prefektur Kumamoto yang diikuti dua gempa susulan lainnya. Setidaknya 50 orang tewas dalam bencana ini.




(WIL)