Taman Indonesia, Kerja sama RI-Yordania Atasi Perubahan Iklim

Fajar Nugraha    •    Rabu, 23 Nov 2016 10:34 WIB
indonesia-yordania
Taman Indonesia, Kerja sama RI-Yordania Atasi Perubahan Iklim
Taman Indonesia dibuka di Yordania (Foto: Dok. KBRI Amman)

Metrotvnews.com, Salt: Sebuah taman di Kota Salt, Yordania dibangun bernuansa Indonesia. Taman Indonesia ini membangun citra positif Indonesia di Yordania.
 
"Keberadaan Taman Indonesia dan penghijauan yang dilakukan oleh KBRI Amman di tanah kami telah semakin melekatkan hubungan Bangsa Indonesia dengan bangsa Yordania khususnya dengan masyarakat Kota Salt, ibu kota Provinsi Balqa," ujar Wali Kota Salt, Khalid Khasman dalam peresmian Taman Indonesia, seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Amman, yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (23/11/2016). 
 
"Dan hal tersebut merupakan langkah awal untuk membangun kerja sama yang lebih erat lagi di masa mendatang," imbuh Khasman.
 
Provinsi Balqa merupakan dataran tinggi didominasi pegunungan batu dan berbatasan langsung dengan Jericho-Palestina yang merupakan ekosistem yang cukup ekstrim dengan kondisi kering, temperatur yang tinggi, curah hujan kecil, dan sumber daya air yang kurang memadai sehingga merupakan tempat yang jarang ditumbuhi vegetasi hijau.
 
Sementara itu, Ketua Jordan-Indonesia Friendship Association (JIFA), Louai Khashman yang juga merupakan mantan Duta Besar Yordania untuk Indonesia menekankan pentingnya kegiatan seperti ini untuk membangun hubungan bilateral dan membentuk citra positif Indonesia di masyarakat Yordania, khususnya di luar Ibu Kota Amman. JIFA juga menyampaikan komitmennya untuk membantu KBRI Amman dalam membuka kerja sama dengan mitra-mitra baru di seluruh Yordania.
 
Dubes RI Teguh Wardoyo menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Salt yang telah memberikan lahan seluas 12 hektar untuk membangun Taman Indonesia. Hal ini sesuai dengan komitmen bersama antara KBRI Amman dan Pemerintah Yordania dalam mempromosikan dan mendukung aksi penanggulangan perubahan iklim untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan. 


Dubes RI untuk Yordania Teguh Wardoyo (Foto: Dok.KBRI Amman).

 
Inisiatif Dubes RI Amman yang disambut baik oleh Wali Kota Salt dengan pembukaan Taman Indonesia dan penanaman sebanyak 400 pohon sumbangan KBRI Amman ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Pohon Sedunia, pada 21 November 2016 mendapatkan kesan positif dari masyarakat kota Salt. Pohon-pohon yang ditanam antara lain berjenis zanzalaq, yasmin azraq, zamzariq, dan jenis tanaman lokal lainnya yang sesuai dengan tanah dan iklim setempat.
 
Dengan diresmikannya Taman Indonesia di Salt, maka semakin menambah panjang daftar ikon Indonesia di Yordania, yaitu: Pohon Zaitun yang disebut juga Pohon Soekarno sebagai Tokoh Perdamaian di Peace Garden, King Hussein Park, Amman; Taman Indonesia di Kompleks King Hussein Medical Center, Rumah Sakit Ratu Rania Abdullah II, Amman; Taman Indonesia di Universitas Philadelphia, Jerash; Jalan Jakarta di daerah Al Rabiah, Amman; dan Jalan Sumatera di daerah Umm Uthaina, Amman. 

(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA