Patroli Tiga Negara, Langkah yang Tepat Perkuat Keamanan Maritim

Sonya Michaella    •    Rabu, 14 Sep 2016 17:43 WIB
poros maritim dunia
Patroli Tiga Negara, Langkah yang Tepat Perkuat Keamanan Maritim
Kapal perang Indonesia di wilayah laut nusantara (Foto: ANTARA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia sangat mampu untuk mempertahankan kekuatan maritimnya. Tetapi masih ada beberapa hal yang harus diperkuat.
 
Penilaian ini dilontarkan oleh salah seorang penasihat senior dari Kementerian Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS), Sean Moon.
 
Tak hanya itu, patroli trilateral yang dicanangkan untuk mengamankan kawasan perairan Indonesia, Malaysia dan Filipina, juga dinilai sebagai sebuah langkah yang berani dan tepat.
 
"Koordinasi ini sangat besar dan menjadi sebuah peringatan terhadap berbagai permasalahan yang menimpa tiga negara," kata Moon, di At America, Pacific Place, Jakarta, Rabu (14/9/2016).
 
Selain itu, Moon juga mengatakan ada tiga fokus penting yang harus dimiliki Indonesia untuk mempertahankan wilayah maritimnya. "Peringatan, latihan, dan rencana. Tiga hal ini harus menjadi fokus Indonesia," tegasnya.


Penasihat senior Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS Sean Moon (Foto: Sonya Michaella/MTVN).

 
Sebelum mengunjungi Jakarta, Moon telah mengunjungi Bandung, kemarin. Ia memberikan pemaparan tentang kekuatan maritim di beberapa universitas di Bandung.
 
Setelah ini, dirinya akan mengunjungi Surabaya, Manado, Medan dan Batam untuk memberikan paparan mengenai kekuatan maritim juga.
 
Moon juga pernah tergabung dalam US Coast Guard pasa 1989. Tak hanya isu maritim, ia pun menguasai isu perubahan iklim. 

(FJR)