Kim Jong-un Sambut Petinggi Partai Komunis Tiongkok

Willy Haryono    •    Minggu, 15 Apr 2018 12:20 WIB
politik tiongkokkorea utara
Kim Jong-un Sambut Petinggi Partai Komunis Tiongkok
Kim Jong-un menghadiri sebuah acara Partai Pekerja Korut di Pyongyang, 9 April 2018. (Foto: KCNA via KNS)

Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyambut langsung kunjungan seorang petinggi Tiongkok di Pyongyang, sembari menyerukan adanya hubungan yang lebih erat dengan Beijing. Kabar disampaikan Korean Central News Agency atau KCNA, Minggu 15 April 2018. 

Kim bertemu dengan Song Tao, Kepala Departemen Internasional dari Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok, yang memimpin kelompok pelaku seni untuk menghadiri festival musim semi di Pyongyang. 

Delegasi tiba beberapa pekan usai Kim melakukan kunjungan dadakan ke Beijing dan bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping. Kunjungan ini memberikan sinyal bahwa keduanya berusaha menjalin aliansi kokoh menjelang beberapa acara diplomasi tingkat tinggi.

Kim dijadwalkan menghadiri konferensi tingkat tinggi dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bulan ini, dan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump beberapa pekan setelahnya. 

KCNA melaporkan, Kim menyambut kedatangan Song dan delegasinya pada Sabtu. Song datang dengan membawa "ucapan salam hangat" dari Xi. 

Baca: Kim Jong-un Sebut Negara Tujuan Pertamanya Memang Tiongkok

"Keduanya saling bertukar pandangan mengenai beberapa isu penting antar kedua pihak serta situasi internasional," lapor KCNA tanpa menjelaskan detailnya, seperti dilansir AFP.

"Pemimpin Agung mengatakan dirinya akan mengembangkan persahabatan DPRK-Tiongkok ke fase baru yang dibutuhkan di era saat ini," lanjut KCNA, menggunakan akronim dari nama resmi Korut. 

Beijing adalah sekutu satu-satunya Pyongyang sejak Perang Korea 1950-1953. Namun hubungan keduanya sempat menurun usai Tiongkok mendukung sejumlah sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap Korut atas program nuklir dan misil.

 


(WIL)