JCM Kesempatan Tingkatkan Kerja Sama Investasi RI-Thailand

Willy Haryono    •    Kamis, 05 Jul 2018 18:47 WIB
indonesia-thailand
JCM Kesempatan Tingkatkan Kerja Sama Investasi RI-Thailand
Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi (Foto: Willy Haryono).

Yogyakarta: Joint Commissions Meeting (JCM) ke-9 antara Indonesia dengan Thailand digelar di Yogyakarta pada 5-6 Juli 2018. Ini merupakan kelanjutan dari forum antar kedua negara yang terakhir kali digelar di Thailand pada 2013.
 
Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi menyebut JCM merupakan forum untuk mengulas kembali hubungan kedua negara dalam berbagai sektor,  di antaranya perdagangan, ekonomi, keamanan, sejarah, sosial budaya, pendidikan, investasi dan people to people contact.
 
"Melalui forum ini, kita membahas bagaimana hubungan kedua negara bisa berlanjut, bagaimana progress lebih lanjut. Hubungan kedua negara sangat positif," ucap Dubes Ahmad, saat ditemui di lokasi penyelenggaraan JCM ke-9 di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Kamis 5 Juli 2018.
 
Dubes Ahmad menyebut JCM juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan kerja sama bilateral, termasuk di bidang investasi. Banyak perusahaan Thailand yang ingin meningkatkan investasinya di Indonesia, dan juga sebaliknya.
 
Salah satu contohnya adalah perusahaan Siam Cement asal Thailand yang ingin meningkatkan investasi di RI. Sementara untuk Indonesia, ungkap Dubes Ahmad, perusahaan seperti  Pertamina dan Lion Air juga terus meningkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan Thailand.
 
"Kita ada kerja sama Thai Lion Air. Kerja sama ini diharapkan dapat menarik banyak turis Thailand ke Indonesia," sebut Dubes Ahmad.
 
Lewat JCM ini, Indonesia juga berkesempatan mempromosikan sejumlah insentif yang ditawarkan Pemerintah RI, dengan harapan semakin banyak investor Thailand yang ingin menanamkan modalnya di Tanah Air. "Kita terus mempromosikan apa saja insentif yang diberikan Presiden Joko Widodo," kata Dubes Ahmad.
 
Di hari pertama JCM ke-9, delegasi Indonesia dan Thailand yang masing-masing berjumlah 45 orang telah bertemu dalam Senior Officials Meeting (SOM). Ini merupakan pertemuan antara kedua negara yang berada satu level di bawah menteri. Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dijadwalkan bertemu Menlu Thailand Don Pramudwinai di hari kedua JCM.


(FJR)