Madagaskar Ingin Buka Kedutaan di Indonesia

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 10 Apr 2018 18:33 WIB
Madagaskar Ingin Buka Kedutaan di Indonesia
Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Madagaskar Henry Rabary-Njaka. (Foto: Marcheilla Ariesta).

Nusa Dua: Madagaskar ingin membuka kantor kedutaan besar di Indonesia. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Madagaskar Henry Rabary-Njaka.
 
"Saya baru saja melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Madagaskar Henry Rabary-Njaka. Dalam peremuan ini, kami akan memberikan update, mengenai rencana Madagaskar membuka kedutaan besar di Indonesia," kata Menlu Retno saat ditemui di Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa 10 April 2018.
 
Tak hanya itu, keduanya juga membahas mengenai penguatan kerja sama ekonomi, salah satunya di bidang agrikultur. Menlu Njaka mengatakan negaranya membutuhkan produk kelapa sawit Indonesia. Mereka mengaku sudah menyiapkan lahan seluas dua ribu hektar di Madagaskar.
 
"Namun, saya sudah melakukan pembicaraan dengan pengusaha sawit dan mereka mengatakan diperlukan 20 ribu hektar untuk membangun plantation," tukasnya.
 
Dia menambahkan, bahwa Madagaskar memiliki potensi yang besar dalam bidang agrikultur. Mereka merupakan negara penghasil merica dan sudah tergabung dalam asosiasi penghasil merica.
 
Sementara itu Indonesia, kata Menlu Njaka sudah mengimpor cengkeh dari Madagaskar. "Indonesia merupakan salah satu negara importir cukup besar yang mengimpor cengkeh dari Madagaskar,"tukasnya.
 
Di akhir pertemuan, Madagaskar menyampaikan dukungannya kepada Indonesia dalam pencalonan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020.
 
Total perdagangan kedua negara pada 2017 naik hingga 75 persen. Indonesia mengekspor produk-produk kelapa sawit, sementara Madagaskar mengekspor cengkeh ke Indonesia. Total perdagangan mencapai USD3 juta di 2017.
(FJR)


62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

9 hours Ago

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menewaskan 62 anggota kelompok militan Al-Shabab…

BERITA LAINNYA