Tiongkok Protes Masuknya Kapal Perang AS di Laut China Selatan

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 11 Oct 2017 18:57 WIB
laut china selatan
Tiongkok Protes Masuknya Kapal Perang AS di Laut China Selatan
Pulau Paracel yang menjadi sengketa di Laut China Selatan (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Beijing: Tiongkok melontarkan protes usai kapal penghancur Chafee milik Amerika Serikat (AS) berlayar dekat Paracels. Wilayah itu diklaim Beijing di Laut China Selatan.
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, mengatakan bahwa nota protes sudah dikirimkan pada Selasa kemarin. Nota tersebut berisi penegasan jika Paracel bagian dari Negeri Tirai Bambu.
 
Tak hanya mengirim nota protes, Tiongkok juga mengerahkan kapal yang meminta armada Angkatan Laut AS meninggalkan perairan di sekitar klaim wilayah mereka.
 
"Tiongkok segera mengirimkan kapal Angkatan Laut dan jet militer untuk menyelidiki dan mengidentifikasi, juga mengirimkan peringatan agar kapal itu pergi," ujarnya, dilansir dari Russia Today, Rabu 11 Oktober 2017.
 
USS Chafee berlayar melewati Kepulauan Paracel pada Selasa laku. Menurut pejabat militer AS, kapal perusak tersebut berlayar di luar wilayah Paracel namun sangat dekat dengat batas teritorial 12 mil laut dari pulau-pulau yang diklaim Tiongkok.
 
Misi tersebut dilakukan untuk menantang 'klaim maritim berlebihan' di wilayah tersebut. Kapal perusak ini dilaporkan akan berangkat ke Hong Kong pada Senin mendatang.
 
Laut China Selatan merupakan wilayah kaya sumber daya yang menjadi rebutan beberapa negara di Asia Tenggara dengan Tiongkok. Perairan ini terdiri dari pulau kecil yang tidak berpenghuni dan kata sumber daya alam.
 
kapal-kapal AS sering berlayar melewati pulau-pulau yang disengketakan sebagai bagian dari operasi 'kebebasan navigasi'. Selain itu, mereka juga sering melakukan pengintaian dengan pesawat intai di udara Laut China Selatan.



(FJR)