Raja Bhumibol Wafat, WNI Diminta Antisipasi Kondisi di Thailand

Sonya Michaella    •    Sabtu, 15 Oct 2016 11:59 WIB
raja thailand
Raja Bhumibol Wafat,  WNI Diminta Antisipasi Kondisi di Thailand
Raja Bhumibol wafat pada usia 88 tahun (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kedutaan Besar RI di Bangkok mengimbau untuk para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Thailand untuk bersimpati atas wafatnya Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej.

"Sehubungan dengan masa berkabung nasional Kerajaan Thailand terkait wafatnya Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, diimbau kepada seluruh WNI yang berada di Thailand untuk menunjukkan sikap simpati dan hormat terhadap suasana berkabung negara dan rakyat Thailand," demikian bunyi pernyataan KBRI Bangkok, Sabtu (15/10/2016).

KBRI Bangkok juga mengimbau para WNI yang sedang berada di Thailand untuk perlu mengantisipasi kondisi dan pembatasan yang diberlakukan selama masa berkabung.

Belasungkawa Indonesia juga disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo serta Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Saat ini, Pemerintah Thailand telah mengumumkan masa berkabung atas wafatnya raja, selama satu tahun dan meminta 30 hari ke depan tanpa kegiatan keramaian yang bersifat hiburan.

Bhumibol wafat pada pukul 3.52 sore waktu setempat pada usia 88 tahun. Sebelumnya ia didera sakit berkepanjangan.

Bhumibol adalah raja yang paling lama berkuasa yaitu selama 70 tahun. Putra Mahkota Thailand, Maha Vajiralongkorn akan segera dilantik untuk menggantikan takhta ayahnya.

Pemerintah Thailand juga memerintahkan media yaitu stasiun televisi lokal dan biro stasiun televisi internasional, media cetak dan media online untuk menyiarkan warna hitam putih.

Situs berita Bangkok Post yang memiliki ciri khas warna biru di kepala beritanya mengubah seluruh tampilan menjadi hitam-putih. Bahkan iklan dalam situs itu juga dibuat format tanpa warna.

Presenter yang membawakan berita juga diharuskan mengenakan pakaian hitam putih sebagai tanda berkabung. Selain itu, mereka dilarang menganalisis atau mengkritik informasi pada berita kematian Raja.

 
 


(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA