Mantan Presiden Korsel Siap Diinterogasi atas Skandal Korupsi

Willy Haryono    •    Rabu, 15 Mar 2017 13:50 WIB
korea selatan
Mantan Presiden Korsel Siap Diinterogasi atas Skandal Korupsi
Presiden Korsel Park Geun-hye. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Tim jaksa Korea Selatan memanggil mantan presiden Park Geun-hye, Rabu 15 Maret 2017, untuk memastikan tanggal dan waktu yang tepat untuk interogasi atas skandal korupsi yang berujung pada pemakzulan dirinya. 

Menjadi presiden pertama Korsel yang dimakzulkan dari jabatan, Park sebelumnya juga telah dipanggil pada Selasa kemarin. 

Salah satu pengacara Park mengonfirmasi bahwa beberapa jaksa telah menginformasikan tanggal dan waktu interogasi. Park mengklaim akan hadir. 

"Kami telah mendapatkan tanggalnya dan kami akan bekerja sama dengan tim investigasi," ucap Hwang Seong-wook, seperti dilansir Reuters

Hingga sejauh ini, tim jaksa belum dapat memperkirakan hingga kapan investigasi skandal Park akan berlangsung. 

Mahkamah Konstitusi Korsel menerima usulan pemakzulan Park yang dilayangkan parlemen atas skandal korupsi dan penyalahgunaan wewenang. 

Perdana Menteri Hwang Kyo-ahn telah menjadi presiden interim sejak Desember, sejak parlemen mengajukan usulan pemakzulan. Pemilihan umum presiden Korsel dijadwalkan berlangsung pada 9 Mei. 

Park telah meninggalkan Gedung Biru di Seoul pada Minggu untuk pulang ke rumah pribadinya sebagai warga sipil. Kekebalan hukum yang dimilikinya pun hilang, dan ia terancam dipenjara jika terbukti bersalah dalam skandal korupsi. 

Melalui juru bicara, Park meminta maaf karena tidak mampu menyelesaikan tugasnya sebagai presiden.


(WIL)