Korut Usir Wamenlu ke Wilayah Pegunungan

Willy Haryono    •    Rabu, 12 Oct 2016 10:22 WIB
korea utara
Korut Usir Wamenlu ke Wilayah Pegunungan
Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Korea Utara (Korut) mengusir wakil menteri luar negeri sebagai hukuman atas pengkhianatan deputi duta besar Pyongyang untuk Inggris. 

Menurut surat kabar JoongAng Ilbo dari Korea Selatan (Korsel), Rabu (12/10/2016), seorang sumber anonim mengatakan bahwa Kung Sok-ung telah dipecat dan diusir dari Pyongyang ke wilayah pegunungan bersama seluruh keluarganya. 

Disebutkan pengusiran diperintahkan langsung pemimpin Kim Jong-un yang kesal atas membelotnya Wakil Dubes Korut untuk Inggris, Thae Yong-ho, dua bulan lalu. 

"Sejak membelotnya Thae Yong-ho pada akhir Juli, terjadi pemeriksaan menyeluruh di Kemenlu Korut," kata sumber itu. 

"Kung Sok-un dianggap bertanggung jawab atas kedutaan besar Korut di wilayah Eropa, dan pengusiran pun terjadi," sambung dia. 

Sumber itu menambahkan empat pejabat Kemenlu Korut yang bertanggung jawab atas urusan Eropa juga diusir dari ibu kota. 

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel Jeong Joon-hee mengatakan pihaknya masih "memverifikasi" laporan terbaru ini, namun menolak berkomentar lebih lanjut. 

Berusia 72, Kung adalah diplomat veteran Korut yang menangani urusan diplomasi dengan Rusia dan Eropa selama hampir dua dekade. 

Sejak berkuasa pada 2011, Kim telah memerintahkan sejumlah eksekusi mati dan pemecatan pejabat tinggi untuk mengukuhkan kekuasaannya. 

Pada Agustus, Korsel mengonfirmasi Korut telah mengeksekusi wakil menteri karena dianggap tidak sopan terhadap Kim dalam sebuah pertemuan. 

Eksekusi paling terkenal adalah terhadap paman Kim, Jang Song-thaek, yang dituduh berkhianat terhadap negara dan terlibat korupsi pada Desember 2013. Kantor berita Yonhap mengestimasi jumlah aparatur negara yang dieksekusi selama rezim Kim berjumlah lebih dari 100.


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA