Tiga Ledakan Besar Guncang Kabul, 25 Orang Tewas

Willy Haryono    •    Selasa, 06 Sep 2016 14:03 WIB
konflik afghanistan
Tiga Ledakan Besar Guncang Kabul, 25 Orang Tewas
Asap dari ledakan dahsyat di dekat lembaga amal di Kabul, Afghanistan, 6 September 2016. (Foto: AFP/WAKIL KOHSAR)

Metrotvnews.com, Kabul: Ledakan yang diikuti baku tembak melanda sebuah lembaga amal di Kabul, Selasa (6/9/2016). Peristiwa terjadi beberapa jam setelah dua ledakan di ibu kota Afghanistan menewaskan sedikitnya 24 orang. 

Sedikitnya satu orang tewas dalam serangan di lembaga amal Pamlarena. Otoritas setempat belum dapat memastikan apakah lembaga itu memang sasaran utama. 

Grup militan Taliban mengklaim bertanggung jawab atas ledakan ganda di dekat Kementerian Pertahanan Afghanistan di Kabul. Sejauh ini, belum ada yang mengklaim ledakan ketiga di permukiman Shar e-Naw. 

"Kami meyakini dua militan memasuki lembaga itu. Seorang warga sipil tewas dibunuh dan enam lainnya terluka," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Sediq Sediqqi, kepada AFP


Personel keamanan bersiaga di Shar e-Naw. (Foto: AFP)

Serangan pertama di dekat Kemenhan Afghanistan menewaskan beberapa personel militer, termasuk seorang jenderal. Ledakan kedua melanda saat prajurit, polisi dan warga sipil berusaha menolong korban bom pertama. 

Sejumlah ambulans berdatangan ke lokasi kejadian yang dipenuhi jasad korban dan puing kendaraan yang terbakar. Karena terlalu banyak, beberapa jasad korban dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan mobil biasa. 

Petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan mengevakuasi beberapa korban tewas yang terpental ke Sungai Kabul akibat dahsyatnya ledakan.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Waheed Majroh melaporkan ledakan ganda di Kabul menewaskan 24 orang dan melukai 91 lainnya, beberapa dari mereka kritis. Korban jiwa dikhawatirkan terus bertambah.


(WIL)