Perempuan dan Diplomasi di Mata Menlu Retno

Sonya Michaella    •    Sabtu, 14 Jul 2018 11:16 WIB
diplomasi luar negeri
Perempuan dan Diplomasi di Mata Menlu Retno
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung, 14 Juli 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Bandung: Diplomasi Indonesia di dunia internasional tidak lepas dari perempuan, dalam hal ini adalah peran krusial dari Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Menlu Retno ialah menteri luar negeri perempuan pertama Indonesia.

Cerita Menlu Retno dimulai ketika separuh dari perekrutan pegawai di Kementerian Luar Negeri RI adalah perempuan. Setelah proses perekrutan selesai, para diplomat muda ini harus mengikuti sekolah diplomat untuk mendapatkan peringkat.

"Tujuh dari 10 peringkat tertinggi sekolah diplomat itu perempuan. Jadi peran perempuan itu tidak boleh diremehkan di dunia diplomasi,” kata Menlu Retno dalam acara Talk with Menlu Retno di Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung, Sabtu 14 Juli 2018.

Acara ini dihadiri sejumlah akademisi, mahasiswa dan juga masyarakat yang tergabung dalam Sahabat Museum KAA. Bagi dirinya, diplomasi adalah seni. Menlu Retno berpendapat, seni tak hanya memakai otak, tetapi juga hati.

"Dunia diplomasi itu memang disebut untuk laki-laki. Tidak salah, tetapi bagi kita perempuan, diplomasi memang pakai hati, namun tetap logis,” ungkap mantan Duta Besar RI di Belanda ini.

Menlu Retno menceritakan dirinya selalu siap 24 jam dengan telepon genggamna. "Jadi selain tidur dengan suami saya, saya juga tidur dengan telepon seluler ini,” kelakar Menlu Retno.

Kesiapan Menlu Retno lewat komunikasi adalah menerima laporan-laporan dari seluruh perwakilan Indonesia di seluruh dunia, terutama untuk perlindungan WNI.

"Kesiapan saya ini karena kalau Indonesia waktunya tidur, Eropa masih bangun, Amerika malah baru bangun. Jadi 24/7 saya kerja tanpa henti," ungkap dia lagi.

Menlu Retno pun berpesan kepada para mahasiswa dan Sahabat Museum KAA, terutama yang perempuan, untuk bersatu membangun kerja sama dalam membangun Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.


(WIL)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

27 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA