RI Yakin Realisasikan Indo-Pasifik di ASEAN Tahun Depan

Sonya Michaella    •    Selasa, 11 Dec 2018 19:28 WIB
indonesia-asean
RI Yakin Realisasikan Indo-Pasifik di ASEAN Tahun Depan
Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares (Foto:Medcom.id/Sonya)

Jakarta: Indo-Pasifik menjadi salah satu agenda penguatan politik luar negeri Indonesia di tahun 2018. Di penghujung tahun, Indonesia makin memantapkan konsep tersebut di tubuh ASEAN dan East Asian Summit.

“Memang ASEAN ada mekanismenya, tapi kita terus rangkul dan juga hadirkan konsep ini dengan organisasi lainnya seperti IORA,” kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI  Jose Tavares di Jakarta, Selasa 11 Desember 2018.

“Tahun depan kami yakin bisa merealisasikan Indo Pasifik dan kerja sama di ASEAN menjadi nyata dan supaya anggota lain juga membantu bukan hanya ikut-ikutan setuju,” lanjut Jose.

Jose mengatakan, ASEAN juga tidak boleh memihak dan memilih satu konsep, tetapi harus menjadi penengah dan bersama-sama untuk mematangkan konsep Indo Pasifik tersebut.

Konsep Indo-Pasifik sendiri sudah digaungkan sejak 2013, dan Indonesia berfokus pada potensi di Samudra Hindia. Banyak sekali potensi di wilayah tersebut yang belum tergarap.

Sayangnya, negara-negara di pesisir Samudra Hindia masih banyak memiliki konflik. Hal ini mengancam terjadinya ketidakstabilan di wilayah tersebut.

ASEAN sendiri ingin menggunakan sentralitasnya di kawasan untuk membangun arsitektur Indo-Pasifik. Karenanya, Indonesia ingin menggunakan building block approach dengan memperkuat kerja sama negara pesisir Samudra Hindia.


(WAH)