Menlu RI: ASEAN Harus Maju bersama Semua Rakyatnya

Sonya Michaella    •    Jumat, 11 Aug 2017 18:36 WIB
asean
Menlu RI: ASEAN Harus Maju bersama Semua Rakyatnya
Menlu Retno Marsudi (kiri) dalam acara Talkshow Menlu RI dengan tema Diplomasi Indonesia di Kemenlu, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Belum sempurna, namun sudah meraih sejumlah capaian yang bagus. Inilah kata-kata yang dilontarkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam peringatan ulang tahun ke-50 ASEAN di depan ratusan mahasiswa di Kementerian Luar Negeri RI.

"Saya merasakan adanya kebanggaan dalam capaian yang sudah diperoleh ASEAN. Kita belum sempurna, tapi banyak hal yang sudah kita capai," ucap Menlu Retno dalam acara Talkshow Menlu RI dengan tema Diplomasi Indonesia di Kemenlu, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

"Tantangan ASEAN ke depan bagaimana satu asosiasi bisa mengatur kawasan kita tetap menjadi kawasan damai dan stabil serta dapat merespons tepat terhadap rivalitas major power," lanjut dia.

Menlu Retno menambahkan, ekonomi ASEAN akan terus meningkat di tahun-tahun ke depan. "Jika ASEAN maju, maka harus maju bersama rakyatnya. Semua. Tidak ada rakyat sebelah sana yang tidak maju," tegas dia.

Kemajuan ASEAN di usianya yang ke-50 tak lepas dari komitmen mengutamakan stabilitas dan perdamaian di kawasan.

"Dengan perdamaian dan stabilitas ini, ekonomi ASEAN cukup tinggi antara kawasan di dunia. Kita itu, pada 2016, pertumbuhannya mencapai 4,7 persen. Kalau kawasan tenang dan damai, tentu kita bisa bekerja," ungkap mantan Duta Besar RI di Belanda ini.

Baca: Presiden: ASEAN Selalu Sukses Meredam Konflik



Ia juga sempat menceritakan bahwa pada awalnya, ASEAN sempat diragukan. Asosiasi 10 negara Asia Tenggara ini sempat diperkirakan tidak bertahan lama.

"Dari awal pembentukannya, ASEAN diprediksi tidak akan bertahan lama. Nyatanya? Kita bisa maju di usia 50 tahun ini. Akan jadi seperti apa kawasan Asia Tenggara jika tak ada ASEAN," tukasnya.

Menlu Retno sendiri telah menghadiri rangkaian peringatan 50 Tahun ASEAN di Filipina yang sebelumnya diawali dengan ASEAN Ministerial Meeting (AMM).

Hari ini, perayaan 50 Tahun ASEAN juga digelar di Sekretariat ASEAN di Jakarta. Menlu Retno pun turut hadir dalam perayaan ini, di samping ada Presiden RI Joko Widodo dan Menlu Malaysia Anifah Aman.

Tak hanya itu, Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh juga hadir dan terlihat pula Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat.




(WIL)