Peran Aktif Indonesia dalam Isu Palestina Diapresiasi OKI

Fajar Nugraha    •    Rabu, 13 Apr 2016 09:45 WIB
ktt oki
Peran Aktif Indonesia dalam Isu Palestina Diapresiasi OKI
Menlu Retno Marsudi dalam pertemuan Menlu OKI di Istanbul, Turki (Foto: Dok.Kemenlu)

Metrotvnews.com, Istanbul: Negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) mengapresiasi peran aktif Indonesia dalam isu Palestina.

"OKI menyampaikan kembali penghargaan tinggi terhadap peran aktif Indonesia untuk isu Palestina. Penghargaaan ini merujuk pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa OKI ke-5 mengenai Palestina dan Al-Quds Al-Sharif, di mana Indonesia menjadi tuan rumah," pernyataan Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (13/4/2016).

"Negara-negara anggota OKI juga mengingatkan kiranya hasil KTT Luar Biasa tersebut dapat diimplementasikan oleh semua negara anggota OKI," lanjut pernyataan itu.

Dalam pernyataan dalam "General Debate" Pertemuan Tingkat Menlu (PTM) OKI di Istanbul, 12 April 2016, Menlu Retno Marsudi antara lain menyampaikan agar dua dokumen hasil KTT Luar Biasa di Jakarta dapat dijadikan referensi bagi upaya untuk memerdekakan Palestina.

Selain itu menlu juga menyebutkan OKI harus mampu menjawab tantangan baru dunia. "OKI harus mampu menjalankan kegiatan 'Go beyond business as usual'," tutur Menlu Retno.

Terkait banyaknya konflik di negara negara OKI, Menlu Retno menggarisbawahi pentingnya persatuan dalam OKI untuk dapat menyelesaikan perbedaan dan konflik secara damai serta menghadapi berbagai tantangan terkini di Dunia Islam. Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan negara-negara anggota terhadap inisiatif Indonesia untuk membentuk OIC Contact Group on Peace and Conflict Resolution. Hal ini diharapkan membantu dan mencari solusi secara damai dari berbagai konflik yang ada di dunia Islam.

Pertemuan Council of Foreign Ministers OKI diselenggarakan di kota Istanbul, Turki, pada 12-13 April 2016 sebagai persiapan untuk KTT OKI ke-13. Sementara untuk KTT OKI ke-13 akan berlangsung pada 14-15 April 2016. Delegasi RI pada KTT tersebut akan dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.
 


(FJR)