Redakan Ketegangan dengan Korut, Direktur CIA Pilih Diplomasi

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 20 Oct 2017 14:40 WIB
nuklir korea utara
Redakan Ketegangan dengan Korut, Direktur CIA Pilih Diplomasi
Direktur CIA Mike Pompeo pilih pendekatan diplomatis hadapi Korea Utara (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Washington: Direktur CIA, Mike Pompeo memperingatkan bahwa Korea Utara (Korut) telah berada di titik puncak. Dia menekankan Amerika Serikat (AS) untuk memilih jalur diplomasi dan sanksi, meski tidak menutup kemungkinan menggunakan militer menjadi pilihan.
 
 
Korea Utara mengklaim memiliki kemampuan untuk menyerang AS. Menurutnya Korut cukup memiliki kekuatan itu.
 
"Korea Utara cukup dekat sekarang dalam hal kemampuan mereka. Kita harus bersikap seolah-olah kita berada di titik puncak pencapaian tujuan tersebut," ujar Pompeo, di Foundation of Defense of Democracies, sebuah kelompok pemikir konservatif, seperti dilansir dari BBC, Jumat 20 Oktober 2017.
 
Baginya, saat ini adalah waktu tepat untuk memikirkan untuk menghentikan Pyongyang. Pasalnya, keahlian rudal Korut semakin meningkat, sehingga sulit bagi intelijen AS memastikan kapan akan diluncurkan kembali.
 
"Ketika Anda sekarang bicara mengenai bulan, kemampuan kita saat ini harusnya memahami di tingkat yang lebih terperinci lagi," ujarnya.
 
Akhir pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mendesak Presiden Donald Trump untuk menyelesaikan konfrontasinya dengan Korea Utara melalui diplomasi. Dia berbicara dengan Trump sesaat setelah secara terbuka sang presiden mengatakan untuk tidak buang waktu melakukan pembicaraan dengan pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un.
 
Ketegangan Korut dan AS semakin meningkat seiring intensnya uji coba rudal dan nuklir yang dilakukan Pyongyang. Lagipula, Korut jumawa jika rudalnya bisa mencapai daratan AS.
 
Kemudian perang kata-kata terus terjadi antara kedua pemimpin negara. Kim Jong-un sangat marah saat Trump memyebutnya 'manusia roket'.



(FJR)