Menlu RI: Denmark Konsisten Tingkatkan Hubungan dengan RI

Marcheilla Ariesta    •    Sabtu, 25 Nov 2017 09:55 WIB
indonesia-denmark
Menlu RI: Denmark Konsisten Tingkatkan Hubungan dengan RI
Menlu Retno Marsudi (Foto: Metrotvnews.com)

Jakarta: Indonesia mengapresiasi konsistensi Denmark yang terus berupaya meningkatkan hubungan bilateral.

"Sejak dua tahun lalu, Denmark terus berupaya untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia. Pada 2015, kunjungan Ratu Denmark mereka membawa sejumlah pengusaha," ujar Menteri Luar Negeri Indonesia, saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat, 24 November 2017.

Senin 27 November mendatang, Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen akan melakukan kunjungan ke Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, PM Denmark akan membawa beberapa delegasi bisnisnya.

Menlu Retno mengungkapkan Denmark memiliki ciri khas dalam kerja sama dengan Indonesia. "Denmark memiliki ciri khas dalam bekerja sama dengan Indonesia, contohnya hubungan energi terbarukan, lingkungan, dan good governance," lanjutnya.

Di bidang perdagangan, nilai kerja sama Indonesia dengan Denmark mencapai USD300 juta. Dalam perdagangan dengan RI, Denmark menempati urutan keempat di antara negara Uni Eropa.

Sedangkan dalam bidang investasi, terdapat kenaikan cukup signifikan. Pada 2016, investasi Denmark di Indonesia mencapai USD800 ribu dan hingga kwartal kedua 2017, investasi meningkat hingga USD10,9 juta.

Di Indonesia, PM Denmark dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dilanjutkan dengan penandatanganan kontribusi Denmark sebesar DKK5,5 juta untuk agenda kelautan Indonesia.

PM Denmark juga dijadwalkan akan membuka pertandingan persahabatan antara bidang bulutangkis Denmark, Hans-Kristian Vittinghus melawan pebulutangkis Indonesia Hariyanto Arbi. 

PM Rasmussen juga akan menyaksikan Menteri ESDM Ignatius Jonan akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Perusahaan Listrik Negara (PLN), Badan Energi Denmark dan Kedutaan Besar Denmark di Indonesia.


(WIL)