Saudari Kim Jong-un Hadiri Pembukaan Olimpiade Korsel

Arpan Rahman    •    Kamis, 08 Feb 2018 16:00 WIB
korea utara
Saudari Kim Jong-un Hadiri Pembukaan Olimpiade Korsel
Saudara perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong (kiri) akan hadiri pembukaan Olimpiade Korsel (Foto: AFP).

Pyeongchang: Saudara perempuan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan (Korsel), pada Jumat 9 Februari. Ia menjadi anggota pertama keluarga dekat Kim yang melintasi perbatasan.
 
Kementerian unifikasi Seoul mengatakan telah diberitahu oleh Pyongyang tentang rencana kunjungan Kim Yo-jong. Dia akan didampingi oleh Kim Yong-nam, kepala negara resmi Korut, Choe Hwi, kepala komite bimbingan olahraga nasional, dan Ri Son-gwon, yang memimpin pembicaraan antar-Korea, pekan lalu.
 
Dilansir Guardian, Kamis 8 Februari 2018, kementerian mengatakan bahwa masuknya Kim Yo-jong ke dalam delegasi itu bermakna karena dia adalah pejabat senior di partai Pekerja yang berkuasa.
 
Olimpiade memicu mencairnya hubungan di semenanjung itu setelah ketegangan meningkat tahun lalu ketika Korut melakukan beberapa uji coba senjata. 
 
Seoul menganjurkan peningkatan dialog dengan rezim tersebut, mungkin dengan harapan agar dapat dilanjutkan setelah Olimpiade. Sekaligus membuat peluang tersebut bertentangan dengan Amerika Serikat (AS), yang bertekad mengambil garis keras.
 
Pada Rabu 7 Februari, saat berkunjung ke Jepang, Wakil Presiden AS, Mike Pence, mengatakan bahwa sanksi ekonomi terberat dan paling agresif terhadap Korut akan segera diumumkan.
 
Perjalanan Kim Yo-jong bisa menjadi sumber pertengkaran antara Seoul dan Washington. Sebab dia masuk daftar hitam tahun lalu oleh Kementerian Keuangan AS karena pelanggaran hak asasi manusia dan penyensoran. Sementara Choe tunduk pada larangan melawat di bawah sanksi Dewan Keamanan PBB.
 
Kim Yo-jong saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Propaganda dan Agitasi KorUt, yang menangani pesan ideologis melalui media, seni, dan budaya. Dia sebelumnya bekerja untuk organisasi yang sama.
 
Setelah sebelumnya hanya muncul sesekali pada latar belakang di acara-acara publik, Kim Yo-jong sudah mengambil peran yang lebih menonjol baru-baru ini. Ia mendampingi saudara laki-lakinya dalam berbagai upacara kenegaraan.
 
Sekelompok suporter 280 warga Korut tiba di Korsel, Rabu, salah satu penyeberangan damai terbesar di perbatasan Korea. Mereka akan menyemangati atlet dari kedua negara di Olimpiade Musim Dingin, yang dimulai pada Jumat.
 
Delegasi tersebut, sebagian besar terdiri dari 229 pemandu sorak, tiba di sebuah pos pemeriksaan perbatasan dengan bus sekitar pukul 09:30 waktu setempat. Selain tim hore, terdapat 26 atlet taekwondo, 21 wartawan, dan empat anggota komite Olimpiade Korut, termasuk Menteri Olahraga, Kim Il-guk.
 
Setelah melalui kontrol keamanan, kelompok tersebut berangkat ke lokasi Olimpiade di Pyeongchang. Pada Selasa, sebuah kapal feri Korut melintasi perbatasan yang membawa orkestra terdiri 140 orang buat tampil selama Olimpiade.



(FJR)