Bela Kesepakatan Nuklir Iran, Qatar Sindir AS

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 04 Jun 2018 14:17 WIB
nuklir iranqatar terbuka
Bela Kesepakatan Nuklir Iran, Qatar Sindir AS
Menteri Pertahanan Qatar Khaled al-Attiyah. (Foto: AFP).

Singapura: Menteri Pertahanan Qatar Khaled al-Attiyah mengatakan negaranya hanya membela kesepakatan nuklir Iran dan menyerukan penyelamatan keputusan tersebut.

Pernyataan Attiyah muncul di tengah konferensi keamanan internasional di Singapura. Dia ditanya tentang kemungkinan perang antara Amerika Serikat (AS) dengan Iran, di mana Washington memiliki pangkalan udara besar di Qatar.

"Jika ada pihak ketiga yang mencoba mendorong kawasan atau suatu negara di kawasan itu untuk memulai perang dengan Iran, ini akan menjadi sangat berbahaya," ucapnya, seperti dilansir dari laman Al Arabiya, Senin 4 Juni 2018.

Dia menambahkan, setiap negara harus berkomitmen pada perjanjian yang sudah dibuat. Dalam hal ini, dia menyindir AS yang keluar dari kesepakatan nuklir Iran, sementara Teheran sendiri masih ingin mempertahankannya.

"Tidak peduli apa negaranya, jika mereka sudah berkomitmen, mereka harus memegang teguh komitmen tersebut dan bergerak maju," tukasnya.

Dia menambahkan Doha tidak akan terlibat konflik dengan Teheran dan tidak suka menggunakan pangkalan nasional untuk meluncurkan serangan udara ke Iran.

Attiyah mengatakan Qatar mengabaikan campur tangan Iran dalam urusan negara-negara Arab yang dianggap menyebabkan destabilisasi di kawasan itu. 

Sikap Attiyah sejalan dengan kedekatan Doha dan Teheran usai pemboikotan empat negara yang menuding Qatar mendukung kegiatan teroris. Kedekatan ini terjalin sejak tahun lalu.


(FJR)


Jamal Khashoggi: Dunia Arab Butuh Kebebasan Berekspresi
Jurnalis Arab Saudi Menghilang

Jamal Khashoggi: Dunia Arab Butuh Kebebasan Berekspresi

34 minutes Ago

Jamal Khashoggi menginginkan warga biasa di dunia Arab mengetahui beragam peristiwa global tanpa…

BERITA LAINNYA