Raja Thailand Kecam Kakak Perempuannya yang Ingin Jadi PM

Willy Haryono    •    Sabtu, 09 Feb 2019 08:14 WIB
politik thailandthailandraja thailand
Raja Thailand Kecam Kakak Perempuannya yang Ingin Jadi PM
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. (Foto: AFP)

Bangkok: Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengecam langkah "tidak pantas" yang dilakukan kakak perempuannya, yakni mencalonkan diri sebagai perdana menteri dalam pemilihan umum pada Maret mendatang.

Dalam sebuah pernyataan istana kerajaan yang disiarkan di seluruh saluran televisi Thailand, Raja Vajiralongkorn mengatakan aksi semacam itu "bertentangan dengan budaya negara."

"Meski dia telah melepaskan status monarki kerajaan dalam bentuk tertulis, dia tetap merupakan bagian dari dinasti Chakri," tegas Raja Vajiralongkorn, seperti dilansir dari laman BBC, Sabtu 9 Februari 2019.

"Keterlibatan anggota keluarga kerajaan di dunia politik, dalam bentuk apapun, dianggap sebagai aksi yang bertentangan dengan tradisi, adat dan budaya negara. Oleh karenanya, aksi tersebut dinilai sangat tidak pantas," lanjut pria 66 tahun itu.

Putri Ubolratana Mahidol, 67, telah dinominasikan sebagai kandidat dari sebuah partai terkait mantan PM Thaksin Shinawatra. Pencalonan diri Ubolratana memang bertentangan dengan tradisi, karena selama ini keluarga kerajaan Thailand selalu berusaha menjauh dari dunia politik.


Putri Ubolratana Mahidol. (Foto: AFP)

Sejumlah analis menilai kecaman langsung dari raja kemungkinan dapat membuat komisi pemilihan umum di Thailand mencoret nama Ubolratana dari kandidat PM. Pemilu pada 24 Maret mendatang akan diawasi secara seksama karena merupakan kesempatan pertama bagi Thailand untuk kembali ke demokrasi usai lima tahun berada di bawah junta militer.

Saat melontarkan pernyataan di televisi, Raja Vajiralongkorn juga mengutip sebuah kalimat dalam konstitusi Thailand yang menyatakan bahwa keluarga kerajaan harus tetap netral di bidang politik.

Beberapa jam sebelumnya, Putri Ubolratana membela keputusannya untuk maju dalam pemilu. Dalam tulisan di media sosial Instagram, Putri Ubolratana menekankan bahwa dia telah menanggalkan semua status monarki dan kini hidup sebagai warga biasa.

Dia mengaku ingin menggunakan haknya sebagai warga biasa untuk mencalonkan diri menjadi kandidat PM. Putri Ubolratana mengatakan dirinya akan bekerja tulus dan penuh determinasi demi kesejahteraan seluruh masyarakat Thailand.

Baca: Putri Thailand Tiba-tiba Calonkan Diri sebagai Perdana Menteri


(WIL)