Warga Thailand Doakan Kesembuhan Raja Bhumibol

Arpan Rahman    •    Kamis, 13 Oct 2016 12:55 WIB
raja thailand
Warga Thailand Doakan Kesembuhan Raja Bhumibol
Warga berdoa untuk kesembuhan Raja Bhumibol Adulyadej (Foto: Channel News Asia)

Metrotvnews.com, Bangkok: Raja Thailand Bhumibol Adulyadej masih di dalam kamarnya di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok. Warga pun terus mendoakan raja yang sangat mereka cintai.
 
Di luar gedung tempat ia dirawat, kerumunan warga Thailand terus berdatangan untuk berdoa bagi kesembuhannya dan menunjukkan cinta dan dukungan mereka. Banyak warga bersimpuh di tanah dan memanjatkan doa sejak dini hari. Demikian diberitakan Channel News Asia, Kamis (13/10/2016).
 
Sementara mereka yang tidak bisa berkunjung ke rumah sakit memilih media sosial untuk mengungkapkan cinta mereka bagi raja yang sakit.


Doa warga untuk Raja Thailand (Foto: Channel News Asia)

 
Banyak pengguna Facebook telah mengubah foto profil mereka dengan fitur pesan beserta nama mereka dengan tulisan "Cinta untuk Raja" dan "Hidup Raja". Pesan itu ditulis dalam bahasa Thai di latar belakang warna merah muda dan jantung kuning, di mana kata "cinta" disematkan.
 
Warna kuning, yang sejak lama dikaitkan dengan Raja Bhumibol dan ulang tahunnya, digunakan oleh banyak warga Thailand untuk menunjukkan rasa hormat mereka kepada sang raja.
 
Selain pesan, informasi tentang acara berdoa di tempat lain juga banyak dibagikan di media sosial, dihiasi foto-foto Raja Bhumibol, dari masa kecilnya hingga penobatannya. Dilengkapi juga dengab berbagai perjalanan ke provinsi dan luar negeri, dan kegiatan lainnya yang telah dilakukan selama Raja Bhumibol berkuasa.
 
Pada Rabu 12 Oktober, Thailand terguncang setelah Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-ocha mempersingkat kunjungannya ke Chonburi lantaran hal yang mendesak di ibu kota. Ia kemudian menjelaskan bahwa ia pulang ke Bangkok untuk menyambut Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, yang kembali dari luar negeri.
Pada malam hari, Biro Rumah Tangga Kerajaan mengumumkan, kondisi raja secara keseluruhan tetap stabil dan fungsi hatinya tidak normal. Tes darah juga menunjukkan tanda-tanda infeksi, sementara denyut nadinya semakin cepat.
 
Anak-anak Raja, termasuk Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, Putri Ubol Ratana, Putri Maha Chakri Sirindhorn, dan Putri Chulabhorn Walailak, membesuknya di rumah sakit, Rabu 12 Oktober.



(FJR)