Xi Perintahkan Militer China Patuhi Kepemimpinan Absolut Pemerintah

Willy Haryono    •    Minggu, 30 Jul 2017 15:07 WIB
chinapolitik tiongkok
Xi Perintahkan Militer China Patuhi Kepemimpinan Absolut Pemerintah
Ribuan prajurit PLA mengikuti parade militer di kamp Zhurihe, 30 Juli 2017. (Foto: China Daily)

Metrotvnews.com, Beijing: Presiden Xi Jinping memerintahkan 2,3 juta personel militer untuk "selalu mengikuti kepemimpinan absolut dari pemerintahan Partai Komunis China."

Berpakaian seragam militer, Xi memimpin parade militer pada Minggu 30 Juli 2017, yang menandai 90 tahun berdirinya Pasukan Pembebasan Rakyat China (PLA).

"Semua personel, komandan dan prajurit PLA: kalian semua harus mengikuti kepemimpinan absolut Partai Komunis China, dengarkan arahan partai dan patuhi perintahnya. Kemana pun partai mengarahkan, kalian semua harus bergerak ke sana," tegas Xi, seperti dilansir Guardian

Proses berlangsung di sebuah kamp militer seluas 1000 kilometer per segi. Kantor berita nasional China menyebut latihan ini sebagai respons dari kegiatan serupa yang dilakukan Amerika Serikat di Fort Irwin di padang pasir Mojave. 

Awak media asing tidak diundang dalam parade militer di kamp Zhurihe, sekitar 400 kilometer dari Beijing. 

Namun media Partai Komunis China mengatakan sekitar 12 personel militer, lebih dari 100 tipe pesawat dan 600 perangkat militer, hadir dalam parade tersebut. 

Sistem senjata yang dipamerkan meliputi pesawat tempur J-15, jet siluman J-20, tank tempur tipe 99, misil anti-tank Red Arrow dan H-6K bomber. 

Parade diakhiri dengan misil antarbenua generasi terbaru -- Dongfeng-31-1G -- yang mampu meluncur sejauh 11 ribu kilometer dan bisa mencapai setiap wilayah dari AS. 

Saat Xi menginspeksi parade di atas sebuah mobil, ribuan prajurit berteriak: "Lindungi rakyat! Patuhi partai! Berjuang untuk menang!"

"Pasukan yang kuat adalah tulang punggung dari negara kuat," ucap seorang komentator di siaran langsung televisi nasional pemerintah China.


(WIL)