Taiwan Tahan Pencari Suaka Asal Tiongkok

Sonya Michaella    •    Selasa, 18 Apr 2017 13:58 WIB
tiongkok-taiwan
Taiwan Tahan Pencari Suaka Asal Tiongkok
Zhang Xiangzhong, yang diduga ingin membelot ke Taiwan. (Foto: AP)

Metrotvnews.com, Taipei: Pemerintah Taiwan menahan seorang warga Tiongkok yang kabur dari rombongan turnya, pekan lalu. Taiwan kini sedang menimbang untuk mendeportasinya, atau akan mendapatkan serangan dari Tiongkok.

Zhang Xiangzhong, 48 tahun, belum dikonfirmasi secara resmi mencari suaka di Taiwan. Selama ini, pembelotan dari Tiongkok ke Taiwan jarang terjadi karena kontrol dari Beijing pun cukup ketat. 

Waspada akan kemarahan Tiongkok, sampai saat ini Taiwan tidak resmi menawarkan suaka kepada warga Tiongkok. Namun, terhitung ada 10 kasus di mana warga Tiongkok lebih suka tinggal di Taiwan.

Dilansir Reuters, Selasa 18 April 2017, Zhang mengaku dirinya memang ingin mencari suaka di Taiwan karena terinsipirasi oleh istri dari aktivis Taiwan, Li Ming-che di mana sang suami sedang ditahan Tiongkok dengan dugaan membahayakan keamanan nasional.

Menurut pemeriksaan, Zhang sempat ditahan selama tiga tahun atas keterlibatannya dalam Gerakan Warga Baru di Tiongkok, kelompok yang bekerja menekan perubahan dan bebas korupsi. Akhirnya Zhang bebas pada 2016 lalu.

"Ia meninggalkan grup turnya tanpa pemberitahuan. Dari perspektif regulasi pariwisata kita, pihak imigrasi memiliki kewenangan untuk menangkapnya," kata pihak imigrasi Taiwan.

"Jika ia sengaja tinggal melebihi batas waktu di Taiwan, kami bisa mendeportasinya setelah penyelidikan," lanjut dia.

Ia menambahkan, pemerintah Taiwan harus mempertimbangkan perjanjian Taiwan-Tiongkok mengenai pariwisata lintas-selat, terutama untuk kasus seperti ini.

Sayangnya, Zhang 'datang' saat hubungan Taiwan dan Tiongkok sedikit panas di mana Presiden Tsai Ing-wen terus bersikeras ingin memisahkan Taiwan dari Tiongkok.


(FJR)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

43 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA