Duterte Siap Dipenjara Demi Filipina

Sonya Michaella    •    Rabu, 19 Oct 2016 09:01 WIB
filipina
Duterte Siap Dipenjara Demi Filipina
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte saat menemui Sultan Brunei (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila: Presiden Filipina, Rodrigo Duterte seakan mengacuhkan peringatan yang diberikan dunia internasional kepadanya terkait perang narkoba di Filipina.

Ia mengaku tidak peduli dengan segala kritikan dan ancaman penyelidikan internasional terkait pembunuhan ribuan orang di negaranya.

"Mereka terus mengancam akan mengirim saya ke Mahkamah Kriminal Internasional. Saya siap dipenjara demi Filipina. Jangan mengancam atau mengintimidasi saya, hanya untuk mencari perhatian, itu sangat dangkal," kata Duterte dalam pidatonya saat berkunjung ke Brunei, seperti dikutip Inquirer, Rabu (19/10/2016).

Menurut Duterte, tindakan yang dilakukannya ini demi keamanan rakyat Filipina untuk memusnahkan narkoba.

Selama 100 hari memimpin Filipina, telah lebih dari 3.700 orang tewas karena diduga bandar dan pemakai narkoba dalam perang narkobanya. Dalam hal ini, ia mendapat ancaman penyelidikan dari Mahkamah Kriminal Internasional (ICC). 

"Saya kira itu konyol. Bagaimana kalian bisa memenjarakan presiden karena berperang dengan narkoba," lanjutnya.

Kepala penyidik ICC, Fatou Bensoud mengatakan mereka akan mulai mengawasi cara Filipina memberantas narkotika.

Menurut Bensoud, Duterte berpotensi melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan karena pemerintahannya terlihat mendukung pembunuhan itu.

"Apa yang salah dengan pernyataan, 'Jangan hancurkan negara ini karena saya akan membunuh kalian. Jangan menghancurkan pemuda di tanah ini dan merusak masa depan gemilang bagi generasi berikutnya'?" tegas Duterte lagi.

Sejak masa kampanye calon presiden, Duterte telah menegaskan akan membunuh para bandar dan pemakai narkoba, bahkan membuang jasad mereka ke laut untuk makanan ikan. Dikecam dunia internasional, namun popularitas Duterte di Filipina makin meningkat.



(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA