PM Pakistan Sebut Bom di Tempat Ibadah Sufi Serangan "Brutal"

Arpan Rahman    •    Jumat, 17 Feb 2017 14:34 WIB
isis
PM Pakistan Sebut Bom di Tempat Ibadah Sufi Serangan
PM Pakistan Nawaz Sharif. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Islamabad: Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mengutuk keras serangan bom yang melanda situs religius Lal Shahbaz Qalandar di Sehwan, provinsi Sindh. Lal Shahbaz Qalandar adalah tokoh suci di Sufisme.

Serangan brutal tersebut menewaskan lebih dari 70 orang dan melukai 150 lainnya. 

"Saya telah mengarahkan semua lembaga negara untuk memobilisasi sumber daya demi penyelamatan dan bantuan setelah serangan teror brutal di tempat ibadah Lal Shahbaz Qalandar," kata Perdana Menteri dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip CNN, Jumat 17 Februari 2017.

Melalui media Aamaq, ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Ini merupakan serangan terbaru ISIS kepada Sufisme di Pakistan, aliran yang dianggap sesat oleh grup ekstremis tersebut. 

"Ledakan terjadi saat banyak orang berada di dalam tempat ibadah," ucap seorang sumber di kepolisian Pakistan, seperti dilansir Guardian


Lokasi ledakan di tempat ibadah sufi di Pakistan. (Foto: AFP)

"Banyak orang datang ke sana setiap Kamis untuk melakukan ritual tari dan berdoa. Sulit memastikan keamanan untuk setiap orang yang datang dan pergi," sambung dia. 

Serangan terjadi beberapa hari setelah sebuah bom meledak dalam aksi protes di Lahore, Pakistan, Senin 13 Februari, yang menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai 59 lainnya. 

Jamat-ul-Ahrar, kelompok sempalan Pakistan dari Tehreek-i Taliban (TTP) -- juga dikenal sebagai Taliban Pakistan -- mengaku bertanggung jawab atas serangan melalui sebuah pernyataan surat elektronik kepada CNN.



(WIL)

Dua Orang Masih Ditahan Terkait Teror London

Dua Orang Masih Ditahan Terkait Teror London

9 hours Ago

Polisi telah melakukan total 15 pencarian terkait aksi teror di berbagai alamat di sekitar London.

BERITA LAINNYA