Pedemo di Korsel Semakin Mendekati Blue House

Achmad Zulfikar Fazli    •    Sabtu, 03 Dec 2016 19:41 WIB
politik korsel
Pedemo di Korsel Semakin Mendekati Blue House
Unjuk rasa menentang Presiden Korea Selatan Park Geun-hye di Seoul, Korea Selatan, Sabtu (3/12/2016). Foto: REUTERS/Chung Sung-Juni.

Metrotvnews.com, Seoul: Ratusan ribu warga Korea Selatan kembali turun ke jalan di Seoul, Korsel, pada Sabtu (3/12/2016). Mereka berunjuk rasa untuk keenam kalinya untuk menuntut pengunduran diri Presiden Park Geun-hye yang terseret skandal nepotisme.

Seperti dilansir Reuters, pedemo sudah semakin dekat dengan istana kepresidenan Korsel yang biasa disebut Blue House pada unjuk rasa kali ini. Lokasi pedemo dilaporkan berada di sekitar 100 meter dari Blue House.

Park telah tiga kali meminta maaf kepada rakyat. Dia juga sudah meminta kepada parlemen untuk memutuskan kapan dan bagaimana caranya untuk mundur. Namun, hal itu ditolak.

Ratusan ribu warga Korsel terus menyuarakan agar Park mundur. "Ini adalah aib nasional, dia masih dalam posisi itu. Dia seharusnya sudah mengundurkan diri," kata Kim Jae-hwa, warga dari Seoul.

Unjuk rasa ini juga ditandai dengan tulisan 'Tangkap Park Geun-hye'. "Saya merasa penting untuk pendidikan mereka, untuk melihat apa itu demokrasi," kata Kim.




(AZF)