Wanita Arab Saudi Diizinkan Menonton Pertandingan di Stadion

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 08 Jan 2018 18:42 WIB
arab saudi
Wanita Arab Saudi Diizinkan Menonton Pertandingan di Stadion
Perempuan Arab Saudi diizinkan menonton pertandingan olahraga di stadion. (Foto: AFP/Fayez Nureldine).

Riyadh: Pemerintah Arab Saudi akan membuka pintu stadion olahraga untuk wanita agar mereka bisa menghadiri pertandingan sepak bola. Pembukaan stadion pada Jumat mendatang ini akan menjadi pengalaman menarik bagi wanita Arab Saudi.
 
"Pertandingan pertama yang bisa ditonton wanita adalah Al-Ahli melawan Al-Batin pada Jumat 12 Januari," ujar Kementerian Informasi Arab Saudi dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP, Senin 8 Januari 2018.
 
Dalam pernyataan tersebut diungkapkan pula bahwa para perempuan juga bisa menghadiri pertandingan kedua di hari berikutnya dan ketiga pada 18 Januari.
 
Wanita dari seluruh Negeri Petro Dolar mungkin dapat memanfaatkan kebebasan baru ini karena pertandingan pertama akan diadakan di ibu kota Riyadh. Sementara untuk dua pertandingan selanjutnya, masing-masing diadakan di Jeddah dan Dammam.
 
Arab Saudi memiliki beberapa pembatasan paling ketat di dunia terhadap wanita. Kerajaan ini melarang perempuan berada di arena olahraga dengan peraturan ketat mengenai pemisahan jenis kelamin di masyarakat.
 
Biasanya, perempuan harus bersama dengan wali. misalnya anggota keluarga laki-laki untuk memberikan izin dalam studi, perjalanan atau sejumlah kegiatan lainnya.
 
Namun, sejak beberapa bulan terakhir, kerajaan konservatif mulai berubah. Mereka mulai melonggarkan peraturan pada kaum hawa, dimulai dengan pencabutan larangan mengemudi pada Juni lalu.
 
Kemudian, pada September 2017, ratusan wanita diizinkan memasuki stadion olahraga di Riyadh, yang sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepak bola.
 
Pelonggaran kontrol ini dilakukan saat Pangeran Mohammed bin Salman diangkat sebagai Putra Mahkota.



(WAH)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

6 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA