Cucu Osama bin Laden Dilaporkan Tewas

Arpan Rahman    •    Kamis, 04 Jan 2018 16:35 WIB
osama bin laden
Cucu Osama bin Laden Dilaporkan Tewas
Pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden tewas dalam operasi pasukan Amerika Serikat pada Mei 2011 (Foto: AFP).

New York: Osama bin Laden sudah meninggal dunia -- nama ini adalah milik cucu dari orang yang senama, yang menjadi dalang serangan teror 9/11 yang terkenal itu, menurut sebuah laporan.
 
Osama kecil dipuji karena 'menjadi martir' bagi ayahnya Hamza, pewaris pemimpin Al Qaeda, Newsweek melaporkan.
 
Sepucuk surat yang diterbitkan oleh kelompok propaganda Al Qaeda, Front Media Islam Global, merilis sebuah gambar seorang Osama muda, yang diberi judul pembebasan "Surat dari Syeikh Mujahid Hamza Bin Laden," menurut majalah tersebut.
 
"Kami menghibur diri kami sendiri dan Anda pada kemartiran di puri pahlawan. Cucu yang gagah berani, anak kami Osama, semoga Allah mengasihi dia," Hamza menulis dalam surat yang diterbitkan di Twitter oleh perusahaan pemantau siber Jihadoscope, seperti disitir Pakistan Today, Kamis 4 Januari 2018.
 
Sang ayah, yang diyakini berusia sekitar 28 tahun, mengatakan bahwa anak laki-laki tertuanya 'berusia belia.' Meski dia tidak memberikan rincian, termasuk penyebab kematiannya.
 
Gerai milik Arab Saudi, Al-Arabiya, yang berspekulasi bahwa anak itu meninggal karena penyakit, mengutip sumber yang mengatakan bahwa dia berusia 12 tahun.
 
Hamza menulis dalam surat bahwa Osama sering memainkan adegan pura-pura mati syahid saat bermain dengan anak-anak lain.
 
Mengacu pada kematian ayahnya sendiri, Hamza mengatakan bahwa anaknya "sedih pada suatu hal yang tidak kita duga," kala menemukannya menangis di pojok rumah mereka.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, Al Qaeda sudah mulai menggunakan Hamza sebagai tokoh propaganda. Ia muncul dengan memanfaatkan nama belakangnya yang terkenal untuk memerangi kenaikan popularitas Islamic State (ISIS).
 
Dia telah meminta umat Islam di seluruh dunia supaya membalas kematian ayahnya di tangan Navy SEAL AS selama serangan 2011 di kompleksnya di Pakistan.
 
Hamza -- yang oleh Amerika Serikat telah ditunjuk sebagai "teroris global" -- diyakini tumbuh besar di Sudan dan Afghanistan bersama ayahnya dan tinggal dengan pimpinan senior Al Qaeda. Sementara itu Osama bersembunyi setelah serangan 11 September.
 
Pada November, Hamza terlihat pada pernikahannya di sebuah video rumahan yang disita SEAL dari kompleks yang didiami ayahnya di Abbottabad.



(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA