Diam-diam Pejabat Afghanistan dan Taliban Negosiasi Gencatan Senjata

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 31 May 2018 10:24 WIB
taliban afghanistan
Diam-diam Pejabat Afghanistan dan Taliban Negosiasi Gencatan Senjata
Para tentara Afghanistan. (Foto: AFP).

Washington: Pejabat senior Afghanistan diam-diam melakukan negosiasi dengan Taliban mengenai kemungkinan gencatan senjata. Hal ini disampaikan Komandan Militer AS di Afghanistan John Nicholson.

"Banyak kegiatan diplomatik dan dialog yang terjadi di luar dan semuanya dilakukan di berbagai tingkatan," ucap Nicholson di Pentagon, seperti dikutip dari AFP, Kamis 31 Mei 2018.

Dia tidak mengidentifikasi tokoh-tokoh yang terlibat dalam negosiasi. Namun dia menuturkan pertemuan dilakukan secara rahasia.

"Saya harus menunjukkan mereka bertemu rahasia. Ini harus dipastikan karena mereka mampu melakukan pembicaraan," kata dia.

Nicholson menambahkan keberhasilan pembicaraan ini bergantung pada prosesnya yang dilakukan rahasia.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada akhir Februari mengusulkan pembicaraan damai dengan Taliban. Dia mengatakan kelompok tersebut dapat diakui sebagai partai politik jika menerima gencaran senjata dan konstitusi negara tersebut.

Namun, pihak Afghanistan belum menanggapi secara resmi. Meski demikian, serangan mematikan di Kabul malah semakin sering.

Pada Rabu lalu, militan meluncurkan serangan bom di Kementerian Dalam Negeri yang menewaskan polisi. Mereka juga bertanggung jawab atas serangan di kantor polisi yang terhadi di Provinsi Logar dan menewaskan enam orang tersebut.


(FJR)