Tiba di Jakarta, Mahathir Akan Dijemput Presiden Jokowi

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 28 Jun 2018 12:21 WIB
indonesia-malaysiajoko widodomahathir mohamad
Tiba di Jakarta, Mahathir Akan Dijemput Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Mahathir Mohamad di Malaysia pada 2015 lalu (Foto: Antara).

Jakarta: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Presiden Joko Widodo direncanakan menjemputnya di Pangkalan Udara Militer Halim Perdanakusuma.
 
Baca juga: Besok, PM Mahathir Mohamad Kunjungi Indonesia.
 
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dijadwalkan mendampingi presiden menyambut kedatangan PM Malaysia tersebut.
 
Tak semua pemimpin negara dijemput langsung Presiden Jokowi saat tiba di Indonesia. Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, hal tersebut wajar saja dilakukan presiden.
 
"Sebenarnya tak hanya PM Mahathir, saat Raja Arab Saudi datang ke Indonesia juga dijemput presiden. Utamanya, kedua pemimpin dianggap senior. Ini sebagai penghormatan dan kedekatan Presiden Jokowi dengan para pemimpin," ucap Arrmanatha, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis 28 Juni 2018.
 
Selain itu, Arrmanatha mengatakan Indonesia merupakan negara pertama yang dijadikan destinasi kunjungan kerja Mahathir. Hal ini juga dianggap wajar karena Indonesia merupakan negara tetangga yang masih memiliki batas darat dengan Malaysia.
 
Usai dari Indonesia, pemimpin Negeri Jiran akan mengunjungi Brunei. "Ini adalah tradisi ASEAN, di mana setiap ada pemimpin baru atau menteri luar negeri baru negara anggota, harus mengunjungi negara-negara ASEAN dalam kunjungan kerja pertama," tukasnya.
 
Mahathir dijadwalkan tiba di Halim Perdanakusuma pada pukul 6 sore WIB. Dia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor pada Jumat 29 Juni 2018.
 
Tokoh Malaysia yang saat ini berusia 92 tahun, akan didampingi Ibu Negara Malaysia Siti Hasmah Mohd Ali dan sejumlah pejabat dari Putrajaya dan Kementerian Luar Negeri Malaysia.
 
Dijadwalkan, Tun M, biasa ia disapa, juga akan menjumpai warga Malaysia yang tinggal di Jakarta. Menurut keterangan pihak Kedubes Malaysia di Jakarta, pertemuan dengan warga Malaysia ini berlangsung internal.


(FJR)