Presiden Xi dan Kim Jong-un Diam-Diam Bertemu di Tiongkok

Willy Haryono    •    Selasa, 08 May 2018 18:53 WIB
politik tiongkokkorea utara
Presiden Xi dan Kim Jong-un Diam-Diam Bertemu di Tiongkok
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan) berbincang-bincang dengan KIm Jong-un di kota Dailan, 8 Mei 2018. (Foto: Xinhua/Ju Peng)

Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un diam-diam bertemu di Tiongkok bagian timur laut, Selasa 8 Mei 2018. Pertemuan yang tidak diumumkan kepada publik ini dilakukan menjelang pertemuan Kim dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. 

Kantor berita CCTV memperlihatkan Xi dan Kim berjalan santai sembari bercakap-cakap di kota Dailan. Situs berita Xinhua melaporkan keduanya telah bertemu pada Senin dan Selasa. 

Ini merupakan kunjungan kedua Kim ke Tiongkok sejak Maret lalu. Kunjungan ini menyoroti upaya Korut dan Tiongkok dalam memperbaiki hubungan yang mendingin akibat serangkaian sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa atas program nuklir dan misil Pyongyang. 

Beijing dinilai tidak mau lagi dipinggirkan dalam rentetan langkah diplomatik terkait Korut, setelah terjadinya Konferensi Tingkat Tinggi Korea bulan lalu antara Kim dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. 

"Setelah pertemuan pertama antara saya dengan Comrade Chairman (Kim), hubungan Tiongkok dengan DPRK dan situasi di Semenanjung Korea bergerak menuju perkembangan positif. Saya senang mengenai hal ini," tutur Xi, menurut laporan Xinhua

Sementara Kim, masih dikutip dari Xinhua, mengatakan: "Ini merupakan hasil positif dari pertemuan historis antara saya dan Comrade General Secretary (Xi)."

Media Jepang sebelumnya memperlihatkan sejumlah foto sebuah pesawat terbang yang biasa digunakan petinggi Korut untuk lepas landas dari Dailan. Foto itu memicu spekulasi Kim sedang berada di kota tersebut.


(WIL)