Warga Kepulauan Solomon Belajar Kelola Produk Rumput Laut dari RI

   •    Kamis, 03 Aug 2017 18:00 WIB
indonesia-kepulauan solomon
Warga Kepulauan Solomon Belajar Kelola Produk Rumput Laut dari RI
Pelatihan warga Kepulauan Solomon dalam mengolah rumput laut (Foto: Antara).

Metrotvnews.com, Langgur: Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Kerja Sama Teknik (KST) Kementerian Luar Negeri memberikan pelatihan kepada warga Kepulauan Solomon dalam mengelola dan mengembangkan produk rumput laut yang mempunyai nilai jual lebih.
 
"Kami mempunyai banyak rumput laut yang besar di Solomon tetapi kami kesulitan dalam memasarkan dan menjualnya. Di sini kami belajar mengolah rumput laut menjadi berbagai produk pangan yang bernilai tambah," ujar Frederick Toitoro, seorang warga Solomon peserta pelatihan, di Desa Letvuan, Maluku Tenggara, Kamis.
 
Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh empat orang peserta asal Kepulauan Solomon yang merupakan para nelayan rumput laut.
 
Kegiatan 'Pilot Project on Seaweed Product Development For Solomon Islands' itu diselenggarakan pada 12 Juni hingga 5 Agustus di Desa Letvuan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara.


Pelatihan warga Kepulauan Solomon dalam mengolah rumput laut (Foto: Antara).
 
Melalui pelatihan tersebut, para warga Kepulauan Solomon itu mempelajari cara-cara penanaman, perawatan, cara panen, penanganan pasca panen, dan pengolahan produk hasil panen rumput laut.
 
Selain itu, para peserta mempraktikan proses budi daya rumput laut hingga satu siklus tanam dan mempelajari cara mengelola rumput laut menjadi beberapa jenis produk pangan, seperti sirup, puding, jeli, stick rumput laut, dan kerupuk.
 
Frederick berharap cara-cara pengolahan rumput laut menjadi berbagai produk pangan, yang dia pelajari di Indonesia, dapat memberikan nilai tambah bagi hasil panen rumput laut yang dikembangkan di Kepulauan Solomon.
 
"Kami berharap mendapatkan insentif lebih melalui pengelolaan rumput laut menjadi produk yang lebih beragam," kata dia, seperti dikutip dari Antara, Kamis 3 Agustus 2017.
 
Direktorat KST Kemlu RI bekerjasama dengan Keuskupan Amboina wilayah Kei Kecil dan Dewan Gereja di Desa Letvuan dalam melaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan rumput laut untuk warga Kepulauan Solomon.

(FJR)